Badan Penaggulangan Bencana Kabupaten Aceh Jaya melalui Pusat Pengendalian dan Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops-PB) mencatat mulai awal tahun 2020 kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Aceh Jaya mencapai 12 kali.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBK Aceh Jaya Ismail mrnyampaikan selama Januari - 14 Februari 2020 di Aceh Jaya sudah ada 12 kali kebakaran lahan dan hutan di lokasi yang berbeda.

"Menurut data sudah 12 kali Karhutla di sejumlah lokasi, untuk luas total lahan yang terbakar ada sekitar kurang lebih 8 hektare," kata Ismail. 

Adapun ke 12 kali atau lokasi itu yakni, Kecamatan Sampoiniet 5 lokasi, Kecamatan Setia Bakti 1 lokasi, Kecamatan Krueng Sabee 2 lokasi, Kecamatan Darul Hikmah 2 lokasi, Kecamatan Panga 1 lokasi dan Kecamatan Teunom 1 lokasi.

Sementara itu Bupati Aceh Jaya T Irfan Tb mengharapkan agar kepada seluruh masyarakat Aceh Jaya untuk tidak membakar hutan dan lahan secara sembarangan berhubung saat ini sedang musim kemarau.

"Kami berharap kepada masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar, apalagi saat ini sedang musim kemarau dan sangat rentan kebakaran," kata T Irfan Tb.

Ia juga mengharapkan agar kepada seluruh pengendara dan masyarakat untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan sehingga membuat kebakaran.

"Puntung rokok juga menjadi salah satu penyebab kebakaran, ini kami harap kepada pengendara dan masyarakat untuk tidak buang puntubg rokok sembarangan," kata Irfan Tb.

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020