Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar meluncurkan tiga program layanan baru di Disdukcapil setempat dalam rangka peringatan HUT ke 443 Kota Takengon tahun ini.

Peluncuran ketiga layanan kependudukan terbaru tersebut ditandai dengan penandatanganan sertifikat peresmian oleh Bupati Shabela Abubakar usai apel HUT Kota Takengon di Setdakab setempat, Takengon, Senin.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Aceh Tengah Mustafa Kamal menyampaikan peluncuran ketiga layanan tersebut adalah untuk menjawab kebutuhan masyarakat saat ini yang memerlukan kemudahan dan kecepatan.

"Ketiga layanan tersebut adalah aplikasi pendaftaran online Dukcapil kita, sistem SMS Gateway, dan layanan call center 08137636003," sebut Mustafa Kamal usai peluncuran.

Mustafa Kamal menjelaskan dengan aplikasi pendaftaran online yang baru diluncurkan tersebut masyarakat kini dapat lebih mudah dan cepat dalam mengajukan permohonan pembuatan dokumen kependudukan tanpa harus lagi mendatangi kantor Dukcapil setempat.

Sementara tentang layanan SMS Gateway kata Mustafa adalah untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan informasi notifikasi pada setiap pengurusan dokumen kependudukan.

"SMS notifikasi akan dikirim kepada masyarakat ketika dokumen yang diurus sudah selesai," kata Mustafa Kamal.

Sedangkan untuk layanan call center tutur Mustafa adalah sebuah sistem layanan untuk memudahkan masyarakat dalam berkonsultasi atau tanya jawab tentang segala hal terkait dokumen kependudukan.

"Jika ada yang perlu dikonsultasikan  tidak perlu lagi harus ke kantor," ujarnya.

Mustafa Kamal mengaku akan terus melakukan sosialisasi terkait layanan baru tersebut agar seluruh masyarakat mengetahui dan bisa memanfaatkannya dengan baik.

Sementara Bupati Shabela Abubakar dalam hal ini juga mengharapkan agar peluncuran layanan baru tersebut dapat semakin memudahkan masyarakat di daerah itu untuk pengurusan dokumen kependudukan.

"Inilah yang perlu dilakukan oleh setiap Dinas. Bagaimana berinovasi dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Sehingga pelayanan publik semakin baik, serta kinerja pemerintah daerah lebih meningkat," tutur Shabela Abubakar.

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020