Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi Aceh (DPRA) Teuku Raja Keumangan mengapresiasi upaya Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Aceh, Irjen Pol Wahyu Widada yang akan memfokuskan keamanan dan ketertiban masyarakat di Provinsi Aceh.

“Sebagai wakil rakyat, saya mengapresiasi sikap Kapolda Aceh yang akan memfokuskan terwujudnya kamtibmas di Aceh," kata Teuku Raja Keumangan di Banda Aceh, Rabu.

Politisi Partai Golkar ini juga mendukung upaya kepolisian di Aceh yang akan mengedepankan pemolisian masyarakat serta budaya dan kearifan lokal dalam penanganan kasus.

Pihaknya juga berharap Kapolda Aceh agar dapat menindak setiap bentuk premanisme yang terjadi di Aceh, sehingga investasi dan perekonomian masyarakat di daerah ini ke depan akan semakin lebih baik dan berkembang.

“Aceh saat ini sudah sangat aman dan nyaman, jangan sampai ada sekelompok masyarakat yang mengganggu kamtimbas, menyebabkan investor takut masuk ke Aceh,” kata Teuku Raja Keumangan menambahkan.

DPRA akan terus mendukung langkah Kapolda Aceh Irjen Pol Wahyu Widada yang berkomitmen melakukan pencegahan dan mengedepankan penyelesaian masalah di masyarakat, katanya.

Sebelumnya, Kapolda Aceh Irjen Pol Wahyu Widada mengatakan kepolisian di Aceh tetap memfokuskan keamanan dan ketertiban, kendati situasi dan kondisinya sudah sangat kondusif.

Kapolda mengatakan kondisi kamtibmas Aceh yang kondusif tersebut berkat kepemimpinan Irjen Pol Rio S Djambak yang mengomandoi Polda Aceh selama tiga tahun empat bulan.

Dengan Kamtibmas yang kondusif tersebut, Polda Aceh akan mengedepankan pemolisian masyarakat serta budaya dan kearifan lokal dalam penanganan kasus.

"Artinya, penegakan hukum menjadi alternatif. Polisi akan lebih banyak mencegah dan mengedepankan penyelesaian di masyarakat," kata jenderal Polri berbintang dua tersebut.

Kendati begitu, sebut Kapolda, untuk kasus seperti narkoba, tetap menjadi atensi atau perhatian lebih oleh kepolisian di Aceh. Dan ini akan diberantas hingga ke akar-akarnya.

Irjen Pol Wahyu Widada juga mengingatkan jajarannya untuk terus membangun kemitraan dan merangkul jurnalis serta menegakkan undang-undang pers.

"Kepolisian dan teman-teman pers akan saling mendukung dan membantu. Kita akan tegakkan undang-undang pers. Kalau ada yang menghalangi akan ditindak. Semua harus taat aturan," kata Irjen Pol Wahyu Widada.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020