Danrem 012/Teuku Umar Kolonel Inf Aswardi meninjau lokasi dan sasaran TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-107 di Desa Panggong Kecamatan Krueng Sabee, Kabupaten Aceh Jaya, Kamis (20/2).

"Kalau harapan secara umum tempat yang kita jadikan TMMD ini akan bermanfaat, tapi secara khusus timbul kedekatan, terjalinnya komunikasi antara kita dengan masyarakat, itu bagian dari ketahanan kita,“ kata Danrem 012/TU Kolonel Inf Aswardi.

Danrem menambahkan kegiatan TMMD merupakan program semua pihak baik Pemda maupun dari TNI AD dengan cara berisinergi yang bertujuan untuk menyejahterakan rakyat.

"Kita berharap dengan adanya TMMD ini dapat bermanfaat kepada masyarakat nantinya," kata Danrem didampingi Dandim 0114/Aceh Jaya Letkol Czi Arief Hidayat.

Danrem juga berharap kepada seluruh prajurit untuk dapat berkomunikasi dengan baik dengan masyarakat pada saat TMMD nantinya, karena itu merupakan salah satu tujuan utama TNI.

"Tujuan Pemda adalah ini dapat bermanfaat kepada masyarakat sedangkan tujuan kami adalah kemanunggalan," kata Danrem.

Sementara itu Wakil Bupati Aceh Jaya Tgk Yusri yang ikut dalam peninjauan mengatakan pemerintah daerah sangat mendukung kegiatan TMMD, karena pembangunan juga termasuk dalam visi misi Pemda Aceh Jaya dalam membuka lapangan pekerjaan.

“Kami  selaku pemerintah Kabupaten Aceh Jaya sangat mendukung bahkan ini salah satu program visi misi kami selaku Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya untuk menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat kita,“ kata Yusri.

“Dulu ribuan masyarakat tinggal di atas, karena konflik maka lahan ditinggalkan semua dan Insya Allah akan kita buka kembali," kata Yusri.

Sebagaimana diketahui bawah Desa Panggung merupakan salah satu desa terpencil dan paling ujung di Kecamatan Krueng Sabee.

Pada kegiatan TMMD kali ini Kodim 0114/Aceh Jaya akan memperbaiki jalan sepanjang 6 (enam) kilometer yang berada di seberang sungai Desa Panggung ditambah pembangunan sejumlah jembatan.

Selain kegiatan fisik akan diadakan kegiatan non fisik seperti pengobatan gratis, pembagian Sembako, pelatihan budidaya pepaya madu, sosialisasi Narkoba, sosialisasi hukum, pembuatan jamban, sunatan massal dan sejumlah kegiatan lainnya.

Pelaksaan TMMD ini akan dimulai pada pertengahan Maret mendatang, namun dalam waktu dekat akan dilakukan kegiatan Pra TMMD untuk mempercepat proses pengerjaannya.

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020