Kampus Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN-IC) Kabupaten Aceh Timur menggelar Seminar Career Day tingkat MA/SMK/SMA, Sabtu (29/2).

Kegiatan dirangkai dengan pameran sejumlah Perguruan Tinggi (PT) dalam dan luar Aceh, seperti IAIN Cot Kala Langsa, UI Jakarta, Pertamina University, Telkom University, dan IAIN Malikussaleh Lhokseumawe.

Selain menginformasikan status dan keunggulan Perguruan Tinggi (PT), petugas stand juga membagikan brosur jadwal penerimaan mahasiswa baru.

Seminar Career Day itu juga dihadiri sejumlah pemateri, yakni Dra Rini Kristiani (Guru BK MAN Insan Cendekia), Dr Refelly Dwi Astuti, SSi, MM (Bidang Akademik UI Jakarta), dan Hendry Gustamam (Telkom University), serta Husaini, SPd, MPd (Kepala Kancab Dinas Pendidikan Aceh Wilayah Aceh Timur).

Kepala MAN IC Aceh Timur, Shulfan mengatakan Seminar Career Day tersebut diikuti pelajar Kelas XII SMA/MA/SMK di beberapa kabupaten/kota dipantai timur Provinsi Aceh, termasuk dari Sumut.

Tujuaannya adalah untuk membuka wawasan dan cakrawala pelajar MAN IC dan pelajar lainnya dalam memilih dan melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi nantinya.

"Agar pelajar bisa memiliki pilihan sejak sekarang, maka kami mengundang beberapa Peruguruan Tinggi (PT) di Indonesia seperti UI Jakarta, dan beberapa perguruan tinggi swasta seperti Telkom University dan Pertamina University," ujar Shulfan.

Dikatakannya, pihak MAN IC juga mengundang dan menyurati beberapa PT ternama di Aceh, seperti UIN Ar Raniry dan Unsyiah.

"Tujuannya adalah agar para pelajar nantinya bisa membandingkan berbagai kelebihan dan keunggulan dari PT di Aceh dan luar Aceh, termasuk mempersiapkan diri sebelum melangkah," sebut Shulfan.

Disinggung tamatan MAN IC Aceh Timur dua tahun sebelumnya, Shulfan mengaku Lulusan MAN IC Aceh Timur kini sudah menyebar ke beberapa perguruan tinggi ternama seperti UTS, Pertamina University, Telkom University, UIN Ar Raniry, Unsyiah, Unimed, USU, UIN-SU, termasuk ke Jepang dan University Al Azhar Mesir.


 

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020