Kepala Dinas Kesehatan Aceh, dr Hanif menyatakan masyarakat dalam kondisi keadaan daya tahan tubuh sehat tidak perlu memakai masker untuk mengantisipasi penularan virus corona yang mulai merebak di Indonesia, kecuali sedang sakit. 

"Penggunaan masker diutamakan digunakan oleh mereka yang sedang sakit seperti flu, pilek dan demam serta petugas kesehatan, jika kondisi daya tahan tubuh dalam keadaan sehat dan kuat, maka tidak akan terinfeksi virus," kata Hanif usai rapat pembahasan penanganan virus corona, di Ruang Rapat Potensi Daerah Kantor Gubernur Aceh, Banda Aceh, Jumat.

Ia menjelaskan yang perlu dilakukan saat ini oleh masyarakat untuk pencegahan virus corona adalah dengan hidup bersih, memperbanyak cuci tangan dan memperbanyak makan buah, sayur dan protein untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Ia juga berpesan kepada pedagang dan masyarakat khususnya tidak perlu menimbun dan membeli masker banyak-banyak dalam menanggapi virus corona tersebut dan pihaknya juga tidak melarang bagi warga yang ingin memakai masker.

"Petugas kesehatan itu harus pakai masker, supaya mereka dalam memberikan pelayanan pada masyarakat tidak tertular dari pasien," katanya.

Hanif menambahkan sesuai arahan Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, masyarakat tidak perlu panik dan terlalu ketakutan serta meminta masyarakat untuk memperbanyak doa agar Allah menjauhkan penyakit tersebut kepada masyarakat Aceh.

Kepala Dinas  Kesehatan Aceh itu, juga mengimbau kepada masyarakat diprovinsi setempat agar tidak melakukan perjalanan ke luar negeri untuk saat ini, sebab penyebaran covid 19 di sejumlah negara sedang berkembang.

"Kita berupaya jangan ada masyarakat kita tertular di luar negeri, ditakutkan jika pulang akan tertular di daerah kita," kata Hanif.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020