Pemerintah Kabupaten Aceh Besar menjadikan pariwisata sebagai sektor andalan karena memiliki banyak dampak terhadap peningkatan perekonomian masyarakat.

Bupati Aceh Besar Mawardi Ali di Aceh Besar, Sabtu, mengatakan Aceh Besar memiliki potensi pariwisata yang tidak kalah dari daerah lainnya di Indonesia. Namun, potensi tersebut belum digarap secara maksimal

"Pariwisata memberi dampak banyak bagi sektor ekonomi lainnya, termasuk usaha kecil masyarakat. Karena itu, kami jadikan pariwisata sektor andalan," kata Mawardi Ali menyebutkan.

Pernyataan tersebut disampaikan Mawardi pada musyawarah cabang Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Aceh Besar. Musyawarah diikuti puluhan pelaku usaha pariwisata, seperti perhotelan, restoran, maupun agen perjalanan di Aceh Besar.

Bupati menyebutkan potensi pariwisata Aceh Besar di antaranya wisata pantai yang ada di sepanjang pesisir, keindahan pesona alam gugusan Kepulauan Pulau Aceh.

Kemudian, ada juga wisata selancar di kawasan Pantai Lhoknga. Wisata arung jeram atai rafting di kawasan Jantho, wisata paralayang yang akan menjadi diperlombakan di PON 2024, serta destinasi lainnya, kata Mawardi.

"Hanya saja, potensi pariwisata tersebut belum digarap maksimal serta promosi yang belum begitu gencar. Kami berharap pelaku pariwisata yang tergabung dalam ASPPI turut mempromosikan," kata Mawardi.

Bupati menyebutkan Promosi juga perlu sedikit hoaks. Dengan begitu, apa yang disampaikan akan menjadi viral dan menarik banyak kunjungan wisatawan. 

"Seperti isu medan magnet beberapa waktu lalu. Sekarang, lokasi isu medan magnet tersebut banyak dikunjungi, di sepanjang jalan berdiri warung kopi. Dan ini telah menggerakkan perekonomian masyarakat," kata Mawardi Ali.

Senada juga diungkapkan Ketua ASPPI Aceh Azwani Awi. Ia mengatakan Aceh Besar memiliki potensi pariwisata yang luar biasa dan jika dikembangkan lebih optimal akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Tidak sedikit wisatawan yang saya bawa mengagumi potensi pariwisata Aceh Besar. Mereka menilai pesona alam, terutama kawasan pantai Aceh Besar lebih indah ketimbang Bali," kata Azwani Awi.

Menurut Azwani Awi, kondisi ini menjadi tantangan bagi pelaku pariwisata yang tergabung dalam ASPPI Aceh untuk ikut terlibat mengembangkan dan memajukan sektor pariwisata Aceh Besar.

"Kami berharap Pemerintah Kabupaten Aceh Besar terus mendukung pengembangan sektor pariwisata. Kami juga mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Aceh yang menjadikan pariwisata sebagai sektor andalan," kata Azwani Awi.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020