Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Aceh Timur mencetak 20.000 keping kartu tanda penduduk (KTP) elektronik selama lima hari terhitung, Senin-Jumat (9-13/3).

“Demi percepatan proses cetak, kita dibantu tenaga dan tiga alat cetak dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Aceh Tamiang dan Dinas Reintegrasi Kependudukan (DRK) Provinsi Aceh,” kata Kepala Dinas Dukcapil Aceh Timur, Amiruddin disela-sela Cetak KTP-el di Idi, Senin (9/3).

Pergantian suket ke KTP-el mengingat dalam dua bulan terakhir pihaknya mendapat 28.000 keping blangko KTP-el yang dikirim Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Kemendari) RI.

Baca juga: Pemkab Aceh Timur cetak massal E-KTP, ini jadwalnya

"Jika dalam sepekan kedepan kita cetak 20.000 keping KTP-el, maka sisanya 8.000 keping blangko untuk kita cetak selanjutnya seiring dengan bertambahnya penduduk yang wajib memiliki KTP-el,” urai Amiruddin.

Digantinya suket ke KTP-el, Amiruddin mengaku telah menginformasikan ke seluruh masyarakat melalui pihak kecamatan dan aparatur desa.

Mengingat ruang antri di kantor yang sempit, maka untuk proses cetak kita bagi dalam dua ruangan di lantai satu dan dua. Sementara proses penyerahan kita lakukan di halaman gedung.

“Hanya sebentar sudah siap, karena masyarakat datang menyerahkan suket. Lalu duduk mengantre sambil membaca buku, lalu 15-20 menit sudah selesai dicetak KTP-elektronik,” sebut Amiruddin.

Ia meminta masyarakat dipersilakan datang ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Aceh Timur di Komplek Pusat Perkantoran Pemkab Aceh Timur di Idi.

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020