Pihak pelabuhan diminta untuk dapat menunda sementara kedatangan kepal asing ke pelabuhan Aceh Jaya hingga ancaman wabah corona dinyatakan aman oleh pihak berkompeten.

"Dalam rangka mengantisipasi wabah corona yang telah merebak di berbagai belahan dunia seharusnya kapal asing tidak bersandar dulu di pelabuhan Aceh Jaya," kata salah seorang politisi mMuda Aceh Jaya, Nasri Saputra di Calang, Kamis (19/3).

Baca juga: Kapal asing pengangkut CPO tiba di perairan Calang

Ia menambahkan hal tersebut perlu dilakukan untuk mengawasi dan mengantisipasi penyebaran COVID-19 di Kabupaten Aceh Jaya.

"Meski Aceh Jaya belum ditemukan adanya kasus yang terpapar corona, namun langkah-langkah preventif perlu diambil untuk melakukan pencegahan," kata Nasri.

Baca juga: Antisipasi corona, Unimal lakukan penyemprotan disinfektan

Ia menambahkan pencegahan memang menjadi kewajiban bersama karena jika sudah masuk nantinya akan sangat susah untuk dilakukan penanganan kembali, apalagi virus tersebut sangat mudah menular.

"Langkah dan upaya pencegahan merupakan kewajiban bagi kita bersama, termasuk pencegahan warga Aceh Jaya untuk keluar daerah, jika keperluan tidak sebegitu urgent, serta mencegah masuknya warga luar ke Aceh untuk sementara waktu," kata Nasri.

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020