Kapal asing pengangkut CPO dari Aceh Jaya MT JAL PARI/Voy.022 berbendera Panama dari Negara India tiba di perairan laut Calang, Kabupaten Aceh Jaya, Kamis (19/3).

Kapal  yang akan mengangkut CPO milik PT Calang Sejati Indah melalui pelabuhan Calang, Kabupaten Aceh Jaya sebanyak 7.000 mt Palm Oil di nahkodai oleh Capt Sukumaran Logesh dan 22 crew lainnya yang semuanya berkebangsaan Negara India

"Kapal MT JAL PARI dari Pelabuhan Haldia India sudah tiba di laut Calang sejak Rabu (18/3) sekitar pukul 12.00 WIB," kata Kepala Syahbandar Pelabuhan Calang melalui Pejabat Pembuat Komitmen Pelabuhan Calang, Azwana Amru Harahap di Calang, Kamis (19/3).

Baca juga: Antisipasi corona, Unimal lakukan penyemprotan disinfektan

Ia menyampaikan pada hari ini pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Meulaboh bersama pihak pelabuhan sedang melakukan pengecekan kesehatan terhadap para crew kapal tersebut.

"Saat ini sedang dilakukan pengecekan kesehatan di laut, kapal tersebut berlabuh sejauh 2 mil dari pelabuhan," kata Amru.

Ia menyampaikan pengecekan tersebut dilakukan untuk mengantispasi wabah corona sehingga pengecekan kesehatan juga diperketat bagi warga asing yang masuk ke Pelabuhan Calang.

"Kita melakukan cek di tengah laut, setelah dinyatakan bebas COVID-19 baru kapal disandarkan di Pelabuhan Calang, kalau seandainya mereka terjangkit sudah pasti tidak boleh bersandar di Pelabuhan Calang ," kata Amru.
 

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020