Senator Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Provinsi Aceh Fadhil Rahmi mengajak masyarakat di seluruh Aceh untuk memulai gerakan tiada hari tanpa sedekah, di tengah mewabahnya virus corona (COVID-19).

Fadhil mengatakan kegiatan itu bertujuan untuk membantu warga miskin serta pekerja lepas yang terkena dampak ekonomi saat mewabahnya COVID-19 di Indonesia, sehingga mengharuskan warga berdiam diri di rumah.

"Sebagai gerak awal, saya dan tim sudah memulai beberapa hari yang lalu. Saya berharap gerakan ini juga bisa diikuti oleh siapa saja, utamanya gampong-gampong (desa),” katanya, Rabu.

Ia menyebutkan tidak perlu menunggu sikap pemerintah dalam menghadapi COVID-19, mengingat bencana non alam itu merupakan tanggungjawab bersama. Katanya, sedekah dapat disalurkan dalam bentuk apapun, dengan ikhlas.

"Mari bantu sebisa mungkin orang-orang terdekat di lingkungan kita yang membutuhkan untuk menghadapi masa masa sulit seperti sekarang," katanya.

“Semampu kita dan yang paling dibutuhkan saat ini adalah sembako untuk mereka yang tidak dapat atau terganggu pekerjaannya selama wabah ini berlangsung,” ujarnya, menambahkan.

Dia menilai gerakan tersebut merupakan bentuk solidaritas sosial. Setiap gampong dan komunitas diharapkan dapat menggagas gerakan tidak ada hari tanpa sedekah. Setiap orang, organisasi, dapat bergerak bersama sehingga tidak ada warga yang kelaparan selama COVID-19.

“Ini tanggungjawab bersama. Utamanya sembako bahan pokok untuk ketahanan pangan gampong yang nantinya disalurkan ke keluarga-keluarga yang terdampak dengan kondisi ini," katanya.

Pewarta: Khalis Surry

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020