Pemerintah Aceh menyatakan akan mendistribusikan bantuan sembako kepada keluarga penerima manfaat yang terdampak COVID-19.

“Saat ini kami sedang mengusulkan biaya tidak terduga (BTT) yang akan digunakan untuk pemberian sembako kepada keluarga yang terdampak COVID-19,” kata Kepala Dinas Sosial Aceh, Alhudri di Banda Aceh, Selasa.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela menerima bantuan sembako dari Forum Komunikasi BUMN Aceh yang diserahkan ketua organisasi tersebut, Ferry Hariawan yang dikhususkan kepada masyarakat terdampak COVID-19 yang berlangsung di Kantor Dinsos Aceh, Banda Aceh.

Ia menjelaskan bantuan yang akan disalurkan tersebut sesuai dengan instruksi Plt Gubernur Aceh dan merujuk pada aturan yang ada dengan besaran untuk sembako yang akan didistribusikan itu Rp200 ribu per paket.

Alhudri menyebutkan data sementara yang sudah masuk ke pihaknya dari seluruh kabupaten/kota yang terdampak dari COVID-19 sebanyak 44 ribu KPM dan data tersebut tidak masuk penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

“Data sementara yang kita himpun dari seluruh kabupaten/kota ada sekitar 44 ribu KPM yang bekerja di sektor informal yang terdampak dan kemungkinan bisa bertambah,” katanya.

Menurut dia, dalam penyaluran tersebut pihaknya akan melibatkan semua komponen termasuk kabupaten/kota, camat hingga keuchik/kepala desa dan juga tenaga yang ada Dinsos dan relawan agar distribusi sembako tersebut langsung ke rumah penerima manfaat.

“Kita juga akan melibatkan instansi terkait untuk memantau langsung kegiatan ini. Kita akan mendistribusikan secara transparan dan juga menyasar pangsung keluarga penerima manfaat,” katanya.

Sebelumnya Forum Komunikasi BUMN Provinsi Aceh menyerahkan sebanyak 1.057 paket sembako untuk masyarakat yang terdampak COVID-19 di provinsi setempat melalui Dinas Sosial Aceh.

“Bantuan sembako yang kita serahkan kepada Dinsos Aceh yang nantinya didistribusikan kepada masyarakat merupakan wujud perhatian dan juga bukti BUMN hadir untuk Negeri,” kata Ketua FK BUMN Aceh, Ferry Hariawan di Banda Aceh, Selasa.

Pewarta: M Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020