Banda Aceh, 4/7 (Antara) - Provinsi Aceh ditetapkan sebagai tuan rumah pertemuan forum Indonesia-Malaysia Thailand Growth Triangle (IMT-GT) yang dijadualkan September 2014.
"Kegiatan forum provinsi dan negara peserta IMT-GT 2014 itu akan difokuskan di Kota Banda Aceh dan Sabang," kata Sekda Aceh Dermawan usai memimpin rapat persiapan di Banda Aceh, Kamis.

Sebagai tuan rumah, ia berharap Aceh dapat mengambil kesempatan tersebut dengan baik serta bisa menumbuhkan iklim investasi yang lebih kondusif. Aceh akan fokus pada program pengembangan sektor pariwisata, infrastruktur, lingkungan dan sumberdaya manusia.

"Harapan kita dengan adanya kegiatan ini para investor semakin ramai yang tertarik untuk berinvestasi di Aceh," kata Sekda Aceh menambahkan.

Dermawan juga menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan itu adalah memfasilitasi dam meningkatkan perdagangan kawasan di Indonesia-Malaysia, dan Thailand.

Selain itu juga akan meningkatkan pertumbuhan sektor pariwisata dan investasi, memperkuat jaringan infrastruktur, mendukung integrasi kawasan sub regional, permasalahan-permasalahan pengembangan SDM, tenaga kerja dan lingkungan hidup serta memperkuat struktur tenaga kerja, kata Sekda.

Disebutkan, untuk Sumatera terdapat 10 provinsi sebagai peserta IMT-GT. Malaysia delapan negara bagian dan Thailand 14 provinsi.

"Dalam pertemuan forum tersebut tentunya akan dihadiri para pejabat dan pelaku bisnis yang dapat dijadikan sebagai jalur promosi sumber daya alam Aceh," katanya menambahkan.

Sementara itu, Kepala Badan Investasi dan Promosi Aceh Iskandar, menjelaskan berkat dukungan semua pihak maka panitia telah siap untuk menyelenggarakan event berskala internasional itu. (Azhari)

Pewarta:

Editor : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2014