Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Aceh Muslem Yacob menyatakan harga kebutuhan pokok di pasaran menjelang Ramadhan 1441 Hijriah stabil.

“Alhamdulillah harga sejumlah kebutuhan pokok menjelang Ramadhan stabil dan untuk persediaan sangat cukup,” kata Plt Kadisperindag Aceh, Muslem Yacob di Banda Aceh, Senin.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela meninjau sejumlah pasar dan stok kebutuhan di pedagang grosir yang ada di Banda Aceh dan Aceh Besar.

Ia menjelaskan untuk harga gula pasir ada yang menjual Rp18 ribu per kg dan ada juga yang masih menjual Rp19 ribu per kilogram.

“Persediaan gula pasir sangat cukup dan untuk harga saat ini sesuai dengan harga tebus, jika mahal maka mereka akan menyesuaikan,” katanya.

Menurut dia, untuk harga gula pasir khususnya akan kembali stabil nantinya setelah pasokan gula pasir dari produsen yang ditunjuk pemerintah guna mendistribusikan gula ke Aceh.

“Kami berharap produsen yang telah ditunjuk Pemerintah dapat segera mendistribusikan gula pasir ke Aceh, sehingga nantinya gula pasir dapat dijual kembali sesuai dengan HET yakni Rp12.500 per kilogram,” katanya.

Kemudian untuk harga telur ayam ras Rp37 ribu per lempeng (isi 30 butir) dan untuk minyak makan curah Rp10.500 per kilogram.

“Kami sampaikan kembali kepada masyarakat bahwa persediaan di pasar sangat cukup, jadi tidak perlu memborong atau membeli dalam jumlah besar,” katanya.

Wadir Reskrimsus Polda Aceh, AKBP Hairajadi mengatakan kegiatan pantauan pasar Satgas Pangan yang ikut melibatkan instansi terkait merupakan bagian untuk mengecek ketersediaan dan harga bahan pokok di pasaran.

“Kegiatan ini juga untuk memastikan tidak ada pedagang yang menimbun barang menjelang Ramadhan,” katanya.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020