Tim Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Aceh Tengah menggelar simulasi tata cara penanganan jenazah positif terinfeksi virus corona mulai dari persiapan awal hingga pemakaman jenazah.

Sekretaris Tim Gugus Tugas Aceh Tengah Karimansyah mengatakan kegiatan tersebut adalah untuk mengedukasi semua pihak terkait, tentang bagaimana cara penanganan yang harus dilakukan sesuai prosedur terhadap jenazah COVID-19, untuk tujuan antisipasi atau persiapan.

"Simulasi ini untuk kesiapsiagaan dalam menghadapi COVID-19. Jika nanti ada musibah, tim kita tidak canggung lagi, mereka sudah tahu tahapan apa saja yang dilaksanakan, mulai dari penanganan awal jenazah hingga pemakaman," kata Karimansyah disela kegiatan simulasi, Selasa.

Kegiatan simulasi ini dilakukan dengan melibatkan seluruh unsur terkait diantaranya seperti petugas medis, TNI, Polri, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, dan Satgas terkait lainnya.

Simulasi dimulai dengan mempraktekkan cara kerja tim medis sejak berada di ruang jenazah. Ini langsung dilakukan di Kamar Jenazah RSUD Datu Beru Takengon.

Para petugas dengan menggunakan APD lengkap melakukan tugasnya sesuai prosedur, termasuk bagaimana melaksanakan fardhu kifayah terhadap jenazah sebelum dibawa ke mobil ambulan.

Kemudian pada tahap kedua, simulasi dilanjutkan di aeral Perkuburan Umum Uning Kirip, Kecamatan Lut Tawar, Aceh Tengah.

Pada tahap ini, tim mempraktekkan bagaimana cara pemakaman jenazah yang juga harus sesuai prosedur, mulai dari membawa peti jenazah dari ambulan hingga tata cara memasukkannya ke liang kubur.

"Kita doakan saja ini hanya sebatas simulasi. Dan Kabupaten Aceh Tengah tetap aman, jangan ada korban dari virus COVID-19 ini," tutur Karimansyah.


 

Pewarta: Kurnia Muhadi

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020