Banda Aceh, 13/7 (Antara) - Ratusan warga Kota Banda Aceh gelar aksi solidaritas untuk memberikan dukungan bagi perjuangan  rakyat Palestina dalam menghadapi  agresi militer zionis Israel.

Aksi solidaritas terhadap perjuangan rakyat Palestina itu digelar ratusan warga di halaman depan Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Minggu.

Dalam aksi yang ikut  menampilkan Wali Kota Banda Aceh Illiza Saaduddin Djamal, ratusan massa dari Komite Nasional Rakyat Palestina Aceh itu juga   melakukan penggalangan dana dengan mengedarkan kotak bantuan kepada warga yang melintas di ruas jalan tersebut.

Ketua KNRP Aceh Tgk Mahyaruddin Yusuf, mengatakan hari ini rakyat Palestina sedang menghadapi agresor militer Yahudi. Tentara zionis telah melakukan praktek keji dengan berupaya membumihanguskan tanah dan kaum muslim Palestina.

"Hari ini Aceh menyatakan kita bersama Palestina. Palestina tidak sendiri.  Kita rakyat Aceh dan Indonesia khususnya siap melakukan apa saja demi membantu membebaskan rakyat Palestina dari cengkraman zionis Israel," katanya menjelaskan.

Tgk Mahyaruddin yang juga anggota DPRA juga mengutuk sikap diam yang diperlihatkan PBB, Amerika Serikat dan Uni Eropa saat negara Yahudi Israel membantai umat muslim di Jalur Gaza Palestina.

"PBB, Amerika Serikat dan Uni Eropa yang selama ini menyatakan sebagai pihak menjunjung tinggi HAM, tapi kenapa mereka ikut membiarkan ketika Israel membantai rakyat Palestina? Persetan dengan PBB, Amerika Serikat dan Uni Eropa," katanya dalam orasi ditengah terik matahari itu.

Ia menyatakan, yang diperjuangkan rakyat Palestina tidak hanya tanah air mereka, tapi juga sedang mempertahankan akidah serta Masjid Al Aqsha di Jurussalem.

Sementara itu, Wali Kota Banda Aceh Illiza Saaduddin Djamal juga menyampaikan rasa simpatinya kepada rakyat Palestina dan umat muslim wajib memberikan berbagai bentuk dukungan kepada mereka.

"Kita patut memuji Pemerintah Indonesia melalui Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang menginisiasi pertemuan negara-negara Nonblok serta OKI untuk membahas krisis Gaza," katanya.

"Mari kita bersama-sama membantu Palestina, kita tuntut Israel hentikan kebiadabannya. Kita laksanakan qunut Nazilah berhadap bantuan Allah SWT. Saya ajak masyarakat agar memiliki hati nurani untuk membantu Palestina," kata Illiza menambahkan.(Azhari)

Pewarta:

Editor : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2014