Pemerintah Provinsi Aceh melalui Dinas Sosial menyalurkan bantuan pengaman jaringan sosial (JPS) berupa 3.229 paket sembako untuk masyarakat Kota Banda Aceh yang terdampak akibat merebaknya pandemi COVID-19.

Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Aceh Fachrial, Senin, menyebutkan bantuan itu untuk 3.229 kepala keluarga. Para penerima juga telah ditetapkan berdasarkan surat keputusan wali kota tentang penetapan data penerima bantuan dampak COVID-19.

"Nama-nama calon penerima bantuan berdasarkan ketetapan wali kota Banda Aceh yang dituangkan dalam surat keputusan yang diantarkan ke kami beberapa waktu lalu,” katanya di Banda Aceh.

Bantuan tersebut diserahkan Fachrial mewakili Kepala Dinas Sosial Aceh, Alhudri kepada Sekretaris Dinas Sosial Banda Aceh, Bukhari di halaman posko gugus tugas penanganan COVID-19) Banda Aceh.

Ia menjelaskan, paket bantuan yang dikirimkan ke seluruh kabupaten/kota tersebut tidak semuanya dalam jumlah yang sama, melainkan sesuai dengan data dan surat keputusan yang ditetapkan oleh kepala daerah masing-masing.

Dia berharap, paket sembako tersebut nantinya disalurkan tepat sasaran dan dapat meringankan beban masyarakat Kota Banda Aceh, yang memang membutuhkan bantuan pemerintah selama masa pandemi virus corona di tengah Ramadhan.

Beberapa waktu lalu, kata Fachrial, Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah juga telah menyerahkan bantuan tersebut kepada Pemerintah Kota Banda Aceh dan beberapa daerah lainnya secara simbolis di halaman kantor Dinas Sosial Aceh.

"Namun hari ini kita lengkapi semuanya, yaitu 3.229 paket bantuan untuk Pemerintah Kota Banda Aceh, sehingga dapat disalurkan segera," ujarnya.

Menurut dia, bantuan COVID-19 itu diminta untuk tidak lagi diberikan kepada penerima manfaat bantuan pangan non tunai (BPNT) atau program keluarga harapan (PKH), tujuannya agar adanya pemerataan penerima bantuan.

Dia menambahkan, apabila terdapat masyarakat miskin baru di Banda Aceh yang layak menerima, namun belum mendapatkan bantuan, maka pemerintah kota dapat membantunya dengan skema anggaran APBK Banda Aceh.

“Sehingga tidak muncul kecemburuan sosial dan semua masyarakat terdampak mendapatkan bantuan pemerintah ini,” katanya.

Pewarta: Khalis Surry

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020