Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Maluku Utara (Malut) menerima pemeriksaan Tes Cepat Molokuler (TCM) di RSU Chasan Boesoerie Ternate sebanyak dua spesimen, salah satunya  positif sehingga secara keseluruhan ada 97 orang positif COVID-19.

"Penambahan satu kasus terkonfirmasi positif COVID-19 asal Kota Ternate ini, maka Malut memiliki 97 orang terkonfirmasi positif COVID-19," ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Malut, dr Alwia Assagaf,M.Kes di Ternate, Kamis.

Menurut Alwia, tambahan satu pasien terkonfirmasi positif COVID-19 dengan sebaran Kota Ternate berinisial Tn HK (50 tahun) asal Kelurahan Jati dengan status sebelumnya Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tidak memiliki riwayat perjalanan dan selanjutnya disebut pasien kasus 97.

Dia menyatakan, bertambahnya satu pasien terkonfirmasi positif COVID-19 ini, maka Kota Ternate saat ini mengoleksi 56 orang pasien COVID-19.

Saat ini, Kota Ternate memiliki pasien terkonfirmasi positif terbanyak mencapai 56 orang, Kota Tidore Kepulauan 13 orang, Halmahera Utara delapan orang, Pulau Morotai tujuh orang, Kepulauan Sula empat orang, Halmahera Selatan dan Halmahera Tengah dua orang serta Halmahera Timur satu orang, sedangkan Kabupaten Pulau Taliabu belum ada pasien positif COVID-19.

Hingga kini, jumlah kasus sembuh berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium untuk pengobatan yang diterima dan dinyatakan sembuh sebanyak 12 orang dan meninggal empat orang.

Dia menyebut, saat ini hasil pemeriksaan rapid test sampai hari ini dilaksanakan pemeriksaan pada 4.324 orang didapatkan 216 reaktif yaitu 92 Orang Tanpa Gejala (OTG), Orang Dalam Pengawasan 44 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tujuh orang dan 73 pelaku perjalanan dari daerah terjangkit, sedangkan 4.173 hasil non reaktif.

Dirinya mencatat, untuk OTG mencapai 904 orang atau terjadi pengurangan sebanyak 73 orang secara kumulatif dari Kota Ternate, karena selesai masa pemantauan, namun ada penambahan OTG di Halmahera Barat, Sula dan Halut, dikarenakan terjadinya tracking terhadap pasien positif COVID-19.

Untuk ODP 108 orang, terjadi pengurangan secara keseluruhan sebanyak 13 orang dari Halmahera Selatan, Halmahera Utara Kota Tidore Kepulauan dan Ternate serta Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 16 orang.

Alwia menambahkan, saat ini yang menjalani perawatan di RSU Chasan Boesoerie Ternate ada 13 orang dengan rincian 12 orang terkonfirmasi positif COVID-19 dan ODP satu orang. Sedangkan menjalani karantina di Sahid Hotel Ternate sebanyak 67 orang dengan rincian 48 pasien terkonfirmasi positif COVID-19, OTG 11 orang dan delapan orang pelaku perjalanan.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020