Pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Gampong Alue Buya, Kecamatan Baktiya, Kabupaten Aceh Utara tetap mengikuti protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19 sesuai anjuran pemerintah guna menangkal penyebaran wabah virus corona di gampong setempat.

"Alhamdulillah hari ini kami telah melakukan pembagian BLT untuk 96 orang KPM, jatah April 2020, besarannya Rp 600 ribu per KPM, berlangsung di Posko Siaga COVID-19 di Gampong Alue Buya seusai salat Jumat," kata Keuchik (Kepala desa) Alue Buya Muhammad Sufli, Jumat.

Pembagian BLT ini, sambung Sufli, tetap mengikuti anjuran pemerintah yakni memperhatikan protokol kesehatan seperti menerapkan physical distancing, para KPM juga tetap memakai masker dan tidak membuat kerumunan yang berlebihan di lokasi pembagian.

"Penyaluran ini dilakukan per dusun dengan waktu yang telah ditentukan dan masing- masing KPM akan dipanggil satu per satu untuk mengambil BLT itu, guna mencegah antrean panjang sehingga terjadinya kerumunan," jelas Sufli.

Dengan demikian, tidak terjadi kerumunan warga akibat antre di lokasi pembagain BLT di Gampong Alue Buya dan penyalurannya juga dilakukan secara transparan serta berlangsung khitmad.

"Sebelum penyaluran ini, kami telah melakukan musyawarah terlebih dulu, dan kami juga mengharapkan kepada warga yang mendapakan dana BLT bersumber dari dana desa ini agar uangnya dapat dipakai untuk kebutuhannya yang bermanfaat, apalagi ini menjelang hari Raya Idul Fitri,” harap Sufli.

Pembagian BLT ini juga ikut disaksikan perwakilan pihak Muspika, Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa.

Seorang keluarga penerima manfaat saat diwawancarai mengaku tidak ikut antre saat mengambil dana BLT ini di Posko Siaga COVID-19 di halaman meunasah gampong setempat.

"Begitu saya datang dan tidak berlangsung lama langsung dipanggil nama saya untuk segera mengambil dana BLT ini, Alhamdulillah tidak mengantre panjang," sebut seorang sumber di lokasi.
 

Pewarta: Zubir

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020