Pelaksanaan kegiatan ibadah shalat id Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah yang dipusatkan di Kompleks Masjid Peuleukung, Kecamatan Seunagan Timur, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, sesuai dengan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah.

Seperti diketahui, jamaah Thariqat Syattariyah pengikut Abu Habib Muda Seunagan sudah mulai merayakan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah pada Sabtu pagi.

"Sebelum melaksanakan ibadah shalat id, para jamaah juga diperiksa suhu tubuh di pintu gerbang masjid," kata cucu kandung Abu Habib Muda Seunagan, Teuku Raja Keumangan di Nagan Raya, Sabtu.

Menurutnya, panitia penyelenggara kegiatan ibadah juga ikut membagikan masker kepada para jamaah.

Tidak hanya itu, panitia juga menyediakan sabun pencuci tangan di tempat wudhu, sehingga masyarakat yang akan berwudhu mencuci tangan terlebih dahulu.

Bahkan satu hari sebelum kegiatan ibadah, panitia ikut memasang spanduk imbauan yang meminta masyarakat memakai masker saat akan beribada di masjid, serta mematuhi aturan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah.

Meskipun demikian, Teuku Raja Keumangan memastikan sebagian besar jamaah yang mengikuti ibadah shalat id pada Sabtu siang di Nagan Raya, merupakan warga lokal setempat dan selama ini tidak bepergian ke luar daerah seperti zona merah, ungkapnya.

"Sebagian besar jamaah yang beribadah ini merupakan warga lokal, insya Allah Aceh aman dari COVID-19," katanya menuturkan.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020