PT Karya Tanah Subur (KTS) anak usaha Astra Agro di Aceh menerapkan protokol penanganan COVID-19 secara terpadu walau masih zona hijau.

“Kami melakukan pengecekan suhu tubuh karyawan juga menerapkan social dan physical distancing,” ungkap Suhaimi, Community Development Officer (CDO) PT KTS di Meulaboh,  Kabupaten Aceh Barat, Kamis. 

Selain itu, setiap karyawan juga diwajibkan menggunakan masker dalam setiap kegiatan operasional.

Di perumahan karyawan juga disediakan tempat cuci tangan agar karyawan selalu cuci tangan sebelum bekerja maupun saat akan masuk ke rumah.

"Tentu kami juga terus menggalakkan perilaku hidup bersih dan sehat,” ungkapnya.

Setiap tamu yang datang melalui prosedur sesuai protokol penanganan COVID-19. 

Hal ini dilakukan agar tidak terjadi penularan pada lingkungan perkebunan.

“Ini adalah upaya preventif agar tidak terjadi hal yang merugikan perusahaan dan masyarakat,” jelasnya. 

PT KTS tidak hanya mengandalkan kebun inti tetapi juga menerima TBS dari masyarakat sekitar.

“Oleh karena itu kami berupaya agar PKS tetap buka dengan menghindari adanya penyebaran corona di perusahaan dan masyarakat sekitar,” tegasnya.

Karenanya, PT KTS juga turut aktif dalam upaya pencegahan corona di masyarakat. “Kami melakukan sosialisasi COVID-19 ini kepada kader posyandu di sekitar lingkungan perusahaan,” ungkapnya.

PT KTS juga melakukan penyemprotan disinfektan di tempat-tempat umum di 14 desa sekitar.

Bantuan APD diberikan kepada Posko COVID-19 di empat kecamatan. Sementara kader-kader Posyandu diberikan masker dan peralatan untuk membudayakan cuci tangan.

Untuk menjaga ketahanan pangan saat pandemi, PT KTS memberikan sembako di 14 desa sekitar perusahaan anak yatim dan dhuafa. 

“Walau masih zona hijau, kami selalu waspada agar tidak ada kasus COVID-19 di perusahaan maupun warga sekitar,” pungkasnya. 

Pewarta: Antara

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020