Bupati Aceh Timur Hasballah HM Thaib meminta Pemerintah Aceh segera membangun jembatan yang ambruk di Desa Lokop, Kecamatan Serbajadi.

"Jembatan ini di lintasan antarkabupaten, sehingga menjadi tanggung jawab pemerintah provinsi. Karena itu, kami meminta Pemerintah Aceh membangun jembatan tersebut kembali," kata Hasballah HM Thaib di Aceh Timur, Kamis.

Jembatan di Gampong Lokop tersebut ambruk pada Selasa (2/6) dinihari, akibat erosi akibat luapan air sungai menyusul hujan deras di kawasan itu dua hari sebelumnya. 

Bupati mengatakan Pemkab Aceh Timur telah mengirimkan alat berat dan sejumlah personel untuk menangani jembatan ambruk agar dapat dibangun jalan pintas di sisinya, sehingga bisa dilalui kendaraan roda empat.

"Untuk sementara, kendaraan roda empat sudah bisa melintasinya melalui jalan pintas yang dibangun secara darurat. Namun, agar transportasi normal, maka jembatannya perlu dibangun kembali," kata Bupati.

Menurut Bupati Aceh Timur, melihat kondisi erosi sungai yang terus terkikis, maka sangat butuh jembatan permanen dan batu penahan erosi sepanjang aliran sungai. 

"Jadi, kami berharap, jembatan ini dibangun nantinya harus diiringi dengan batu penahan erosi, sehingga benar-benar tahan dan bebas dari ancaman erosi sungai," pungkas Bupati Aceh Timur Hasballah HM Thaib.
 

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020