Rektor Universitas Syiah Kuala Darussalam, Banda Aceh Samsul Rizal menyatakan Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri akan ditutup, Sabtu (20/6), sehingga peserta wajib memfinalisasi data dan mencetak kartu.

“Artinya, waktu pendaftaran akan segera berakhir dalam hitungan hari. Saya mengimbau kepada seluruh peserta yang telah mendaftar untuk segera menfinalisasi data dan mencetak kartu ujian,” katanya di Darussalam, Banda Aceh, Senin.

Ia menjelaskan sebelum mencetak kartu, para peserta diminta memastikan data yang diisi telah tepat dan benar.

“Jika sudah difinalisasi dan dicetak kartu, data tidak dapat diubah lagi. Walaupun peserta melakukan registrasi ulang atau membayar kembali biaya pendaftaran, karena itu kehati-hatian sangat dibutuhkan guna menghindari hal-hal yang merugikan peserta,” katanya.

Ia mengatakan pendaftaran SBMPTN telah dimulai sejak 2 Juni 2020 dan mereka dianggap sah apabila peserta sudah melakukan finalisasi.

“Siswa yang tidak memfinalisasi dianggap belum atau tidak mendaftar SBMPTN 2020,” katanya.

Oleh karena itu, ia berharap, dengan sisa waktu pendaftaran yang semakin sempit tersebut, para peserta dapat memanfaatkan dengan baik.

Rektor Samsul Rizal juga mengimbau mereka yang belum mendaftar, untuk segera login di laman https://portal.ltmpt.ac.id. Kemudian memilih menu pendaftaran UTBK-SBMPTN dan membayar biaya pendaftaran Rp150 ribu melalui Bank Mandiri, BNI, atau BTN.

Melalui jalur SBMPTN, Unsyiah menyediakan kuota 45 persen dari total keseluruhan penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi “Jantong Hatee” warga Aceh itu.

Unsyiah pada tahun ini siap menjadi lokasi tes ujian SBMPTN dengan menyediakan 22.200 kursi tes bagi para peserta yang dibagi dalam 30 sesi tes.

Pelaksanaan UTBK akan berlangsung pada 5-12 Juli 2020, sedangkan pengumuman SBMPTN pada 25 Juli 2020.

Pewarta: M Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020