Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah meminta Bupati Aceh Selatan untuk memperkuat ketahanan pangan menyusul masih berlangsungnya COVID-19 di provinsi setempat.

“Salah satu upaya meningkatkan ketahanan pangan tersebut adalah dengan mengembangkan potensi sektor pertanian, perikanan dan juga sektor lainnya yang ada di Aceh Selatan,” kata Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah di Aceh Selatan, Kamis.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela melantik Tgk Amran sebagai Bupati Aceh Selatan sisa masa jabatan 2018-2023, dalam Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) di Gedung DPRK Aceh Selatan. 

Tgk Amran dilantik sebagai orang nomor satu di kabupaten setempat menggantikan H Azwir yang meninggal dunia pada akhir Desember 2019. 

Ia menjelaskan dengan berbagai program ketahanan pangan yang dilakukan oleh pemerintah daerah dapat mengantisipasi ancaman krisis pangan di masa pandemi COVID-19. 

"Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan harus menjadi motor dalam menggerakkan masyarakat dengan menerapkan budaya menanam baik di pekarangan, kebun atau pun lahan-lahan kosong lainnya yang bisa dimanfaatkan segera,” katanya.

Nova juga mengatakan, selain memperkuat ketahanan pangan, Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan juga perlu memberi perhatian ekstra untuk pembangunan sektor kesehatan dan ekonomi yang juga ikut terdampak pandemi COVID-19. 

Ia mengatakan dengan semakin meningkatnya kasus positif di Aceh, maka langkah-langkah mencegah penyebaran COVId-19 di masyarakat juga harus cepat, baik itu melalui sosialisasi, edukasi, serta menyiapkan sarana prasarana kesehatan untuk penanganan COVID-19. 

Nova juga berharap, Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan bisa membangkitkan kembali pembangunan ekonomi dan aktivitas perekonomian dapat kembali normal yang diiringi dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. 

"Saya berharap kabupaten ini bisa menjadi contoh bagi daerah-daerah lain dalam pencegahan COVID-19. Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 yang dipimpin bupati harus dapat segera merumuskan langkah-langkah percepatan penanganan COVID-19, dengan melibatkan segenap elemen masyarakat, "kata Nova. 

Dalam kesempatan itu, Nova juga meminta Bupati Amran memanfaatkan tiga tahun sisa masa kepemimpinannya untuk mengidentifikasi berbagai permasalahan di Aceh Selatan dan kemudian menawarkan solusi-solusi yang dapat dilaksanakan di lapangan. 

"Pada saat yang sama saudara juga harus mampu mengenali dengan tepat seluruh potensi daerah, sambil merumuskan strategi untuk optimalisasi seluruh potensi tersebut,” kata  Nova. 

Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran mengatakan dirinya akan melanjutkan program Bupati Azwir dan menjalankan roda pemerintahan dengan sebaik-baiknya. 

"Kami yakin dan percaya dengan kerjasama yang baik dengan semua pemangku kepentingan masyarakat, program-program ini akan terwujud, " demikian Amran.
 

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020