Tentara Nasional Indonesia (TNI) berencana membangun 1.000 meter badan jalan baru di lintasan Dea Tuwi Buya-Kuta Trieng, Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh dalam kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 108 Tahun 2020 di daerah ini.

Kegiatan TMMD tersebut direncanakan akan berlangsung sejak 30 Juni-30 Juli 2020 atau sekitar 30 hari.

“Karena yang biasanya masyarakat harus menempuh jarak sekitar lima kilometer, dengan adanya pembangunan baru tersebut, nantinya masyarakat hanya perlu menempuh sekitar 1 kilometer saja. Insya Allah ini membantu proses transportasi dan perekonomian, terutama mobilitas pembangunan,” kata Dandim 0116/Nagan Raya, Letkol Inf Guruh Tjahyono, Selasa di Suka Makmue.

Menurutnya, kegiatan fisik yang akan dilaksanakan yakni pembukaan akses jalan sepanjang 1.000 meter dengan lebar 12 meter dengan rencana pengerjaan selama satu bulan.

Selain itu, dalam kegiatan ini TNI juga akan membangu sarana lainnya seperti pembuatan bangunan boks culvert dan Bough Deckker serta pembuatan saluran beton sikluf dengan panjang 100 meter.

Kemudian rehab rumah tinggal layak huni sebanyak dua unit, serta melaksanakan kegiatan non fisik seperti penyemprotan disinfiktan guna pencegahan penyebaran COVID-19, dan wawasan kebangsaan kepada masyarakat di lokasi TMMD.

Sementara itu, Bupati Nagan Raya, HM Jamin Idham mengucapkan terima kasih kepada TNI yang melaksanakan kegiatan ini untuk mewujudkan masyarakat pedesaan yang semakin sejahtera.

“Semoga kehadiran TMMD ini menambah wawasan berfikir masyarakat Nagan Raya yang lebih maju dan menambah jalinan silahturrahmi antara TNI dengan rakyat," tuturnya.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020