Kondisi pasien COVID-19 yang mendapat perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainoel Abidin Banda Aceh terus membaik, namun mereka tetap menjalani isolasi sambil menunggu hasil uji sampel usap (swab) hingga negatif.

Wakil Direktur Pelayanan RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh dr Endang Mutiawati, Kamis, mengatakan terdapat 26 warga terinfeksi COVID-19 yang sedang dalam penanganan tenaga medis rumah sakit setempat.

"Kondisi mereka semua baik-baik aja, stabil, kita tunggu (swab) negatif saja," kata Endang, di Banda Aceh.

Menurut Endang, pada dasarnya masyarakat tidak ingin di desanya terdapat warga yang positif COVID-19, sehingga setiap pasien terpapar harus dibawa ke rumah sakit untuk menjalani isolasi.

Secara umum, kata dia, kondisi klinis para pasien COVID-19 tersebut begitu baik. Mayoritas mereka juga masih berusia muda, sehingga memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

"Di rumah sakit mereka tidur, makan, kasih vitamin. Kondisi klinis baik, mereka kan masih muda, jadi punya daya tahan tubuh," kata Endang.

RSUD Zainoel Abidin Kota Banda Aceh telah menangani 54 orang pasien COVID-19 sejak awal terdeteksi di Aceh pada Maret lalu. Diantaranya, yang masih dirawat 26 orang, sembuh 25 orang dan meninggal dunia tiga orang.

"Sekarang ada 26 pasien (COVID-19), ada yang sudah ada hasil swab negatif sekali, kemudian tunggu (swab) negatif sekali lagi," katanya.

Secara kumulatif di Aceh melaporka sebanyak 86 pasien positif COVID-19, diantaranya 31 orang telah sembuh, tiga orang meninggal dunia, dan selebihnya masih dalam penanganan medis.

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020