Pemerintah Kabupaten Aceh Utara  menyerahkan bantuan 100 unit laptop dan infokus  (Proyektor) untuk  pengurus Dayah (Pesantren) diwilayahnya.  Penyerahan dilakukan secara simbolis di Kantor Dinas Pendidikan Dayah Aceh Utara, Jum'at (10/7) sore.

Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf mengatakan bahwa bantuan tersebut  merupakan salah satu program pemberdayaan lembaga pendidikan agama di kabupaten tersebut.

"Dengan adanya bantuan yang bersumber dari dana Otonomi Khusus (Otsus) ini diharapkan dapat meningkatkan SDM di Dayah dan dapat menjalankan program digital yang dicanangkan pemerintah,"katanya.

Dikatakannya, rencana awal pada saat penganggaran, barang ini akan diantarkan langsung ke dayah. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, kita mengalami kendala yaitu timbulnya wabah COVID-19. Sehingga rencana tersebut dibatalkan.

Menurut Fauzi bantuan yang telah diserahkan dimaksud dapat dimanfaatkan untuk keperluan manajemen dayah serta sarana untuk menjelajah informasi seputar dayah baik di tingkat kabupaten maupun Provinsi Aceh. Terlebih lagi, dapat menghemat waktu dan energi dalam mengurus keperluan administrasi.

“Ini adalah salah satu program yang kami luncurkan, sesuai dengan visi dan misi Pemkab Aceh Utara periode 2019 – 2024 yaitu Berbudaya, Sejahtera, Mandiri dan Islami (BERSEMI),” kata Fauzi Yusuf atau yang sering disapa Sidom Peng.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Utara Tgk Abdullah Hasbullah SAg MSM dalam menyebutkan bahwa ada 100 unit Laptop dan Infokus itu bersumber dari dana Otsus Tahun 2020.

“Untuk tahun 2020 ini hanya kita dapat bantuan hanya 100 unit, namun nanti di tahun 2021 mendatang akan dianggarkan dana untuk 50 unit lagi Laptop dan Infokus,” kata Abdullah.

Dikatakan Abdullah, pihaknya juga mendapat bantuan internet gratis untuk dayah yang ditampung dalam program Presiden RI Joko Widodo.

“Ada program 1000 internet gratis untuk masjid dan pondok pesantren. Saya minta kepada pimpinan dayah yang tersebar di 27 kecamatan di Aceh Utara supaya mempersiapkan segala keperluan, termasuk titik koordinat pemasangannya," kata Mantan Sekretaris Dewan (Sekwan) Aceh Utara itu.
 

Pewarta: Dedi Syahputra

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020