Pasar hewan ternak di kawasan Cot Iri, Kecamatan Krueng Barona Jaya, Aceh Besar, dipadati warga yang hendak membeli hewan kurban maupun untuk daging meugang.

Muhammad Din, pedagang hewan ternak, ditemui di Pasar Cot Iri, Aceh Besar, Sabtu, mengatakan permintaan hewan belum begitu meningkat menjelang hari raya kurban.

"Biasanya, permintaan akan meningkatkan beberapa hari menjelang hari raya haji nanti, baik itu untuk hewan kurban maupun tradisi meugang," kata Muhammad Din.

Muhammad Din menyebutkan harga sapi kurban yang diperjualbelikan di Pasar Cot Iri berkisar antara Rp15 juta hingga Rp17 juta per ekor. Sedang harga sapi untuk daging meugang bisa mencapai Rp25 juta per ekor.

"Sapi untuk kurban berbeda dengan untuk daging meugang. Sapi kurban merupakan sapi tanggung, tidak besar dan tidak terlalu kecil," kata Muhammad Din.

Fuadri, penjual kambing di Pasar Cot Iri, mengatakan harga kambing kurban juga bervariasi, berkisar Rp1,5 juta hingga Rp2 juta per ekor.

"Harga juga tergantung negoisasi dengan pembeli. Kalau kambing, banyak yang beli untuk kurban, sedangkan untuk daging meugang jarang, biasa daging sapi," kata Fuadri.

Azhari, pengelola pasar hewan Cot Iri, mengatakan pasar khusus hewan ternak ini hanya dibuka sepekan sekali, setiap Sabtu. Kalau hari lainnya, tidak ada aktivitas di pasar tersebut.

"Pasar ini dikelola Dinas Pertanian, Aceh Besar, bidang peternakan. Soal harga, ditentukan pedagang atau peternak. Kami hanya mengeluarkan surat ternak, khusus sapi, sedangkan kambing tidak," kata Azhari.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020