Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Besar mencatat persediaan hewan ternak untuk kurban pada hari Raya Idul Adha di kabupaten setempat sebanyak 2.333 ekor yang tersebar di seluruh kecamatan.

"Ternak yang akan dikurban pada hari raya haji tersebut tersebar di seluruh kecamatan yang ada dalam Kabupaten Aceh Besar," kata Kepala Dinas Pertanian Aceh Besar, Jakfar di Aceh Besar, Senin.

Ia menjelaskan jika dibandingkan dengan jumlah hewan kurban pada hari raya Idul Adha tahun sebelumnya di Kabupaten Aceh Besar terjadi penurunan dengan persediaan pada Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah.

"Penurunan ini salah satunya karena turunnya pendapatan masyararakat di tengah COVID-19 yang melanda Aceh umumnya dan Aceh Besar khususnya," katanya.

Menurut dia dalam memastikan hewan kurban aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat, pihaknya juga telah menurunkan tim pemantauan hewan kurban di gampong/desa yang sudah melaporkan hewan kurban.

"Kita akan kalungkan kartu sehat kepada ternak yagn telah dilakukan pengecekan yang ikut bekerja sama dengan Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI)," katanya.

Ia menambahkan pihaknya telah menerbitkan surat keputusan penempatan para petugas yang akan memantau langsung hewan lurban yang akan disembelih oleh panitia kurban yang ada dalam wilayah Kabupaten Aceh Besar.

"Insya Allah mulai besok (Selasa) kami akan menempatkan para petugas di seluruh kecamatan dalam Kabupaten Aceh Besar," katanya.

Pewarta: Muhammad Ifdhall

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020