Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali meminta pemerintah untuk membuka jalan tol dan menggratiskan biayanya untuk kelancaran arus lalu lintas selama lebaran Idul Adha 1441 Hijriah.

“Bupati sangat berharap masyarakat dapat memakai jalan tol secara gratis selama lebaran Idul Adha,” kata juru bicara Bupati Aceh Besar, Syukri Rahmat di Aceh Besar, Senin. 

Ia menjelaskan Bupati Aceh Besar sudah mengirimkan surat secara resmi kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat di Jakarta, meminta kepada menteri untuk memberi izin operasional jalan tol dengan pemberlakuan tanpa tarif. 

Ia mengatakan permintaan operasi selama lebaran Idul Adha tersebut juga sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 1127/KPTS/M/2020 tentang penetapan dan pengoperasian jalan Tol Sigli - Banda Aceh Seksi 4 (Indrapura-Blang Bintang. 

Dalam surat tersebut,  ruas jalan sepanjang 13,5 kilometer secara umum telah memenuhi persyaratan laik operasi sebagai jalan tol. 

“Atas dasar itulah, kemudian Bupati Mawardi menyurati Kementeriaan, agar tol tersebut bisa dipakai masyarakat,” katanya.

Ia mengatakan surat yang ditujukan tersebut selain untuk kelancaran arus lalu lintas pada saat libur Idul Adha 1441 Hijriah juga dalam upaya membantu pengguna jalan pada masa pandemi COVID-19.

Ia menambahkan bupati juga sudah melihat langsung jalur tersebut dan dirinya meyakini dengan pengoperasion tol tersebut akan membantu masyrakat selama libur lebaran Idul Adha 2020.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020