Seorang warga Aceh Jaya yang merupakan pasien rujukan dari Puskesmas Kecamatan Panga ke IGD RSUD Teuku Umar Calang diketahui reaktif COVID-19 setelah dilakukan tes cepat atau Rapid tes.
Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Teuku Umar Calang  Eka Rahmayuli menyampaikan kalau pasien tersebut merupakan seorang perempuan berinisial NY (45) yang di rujuk dari Puskesmas Kecamatan Panga ke IGD RSUD Teuku Umar Calang.

“Mereka masuk sekitar pukul 14.00 WIB siang tadi, hasil screning diketahui salah seorang anak beliau baru pulang dari pulau jawa dan beliau kontak dengannya dan akhirnya kita lakukan prosedur awal yaitu rapid tes," kata Eka Rahmayuli, Rabu.

Eka menambahkan kalau pada saat masuk ke RSUD Teuku Umar Calang pasien tersebut mengeluhkan dengan gejala Demam, sesak nafas, dan batuk.

“Setelah hasil rapid tes reaktif langsung kita lakukan sesuai dengan protokol kesehatan COVID-19, pasien tersebut di masukkan keruang isolasi dan selanjutnya dirujuk ke Banda Aceh sekitar pukul 18.15 WIB ke RSUD ZA untuk penanganan lebih lanjut,”kata Eka Rahmayuli.

Pantauan Antara di RSUD Teuku Umar Calang pada saat dirujuk dengan ambulan anak pasien sempat pingsan melihat ibunya di bawa ke Banda Aceh dan para pihak kepolisian juga disiagakan di sekitar IGD.

 

Pewarta: Arif Hidayat

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020