Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) mengajak para pelaku pariwisata mengembang kawasan Pulau Aceh di Aceh Besar sebagai destinasi pariwisata alternatif.

Ketua ASPPI Aceh Azwani Awi di Banda Aceh, Kamis, mengatakan Pulau Aceh yang merupakan kepulauan terluar di Aceh Besar memiliki banyak potensi pariwisata, terutama wisata bahari.

"Selama ini, Pulau Aceh belum dieksplorasi dengan maksimal. Padahal, Pulau Aceh memiliki potensi pariwisata yang tidak kalah dari daerah lain di Aceh," kata Azwani Awi.

Pulau Aceh terdiri dari gugusan pulau dengan dua pulau utama, Pulau Nasi dan Pulau Beras, berada di ujung barat Pulau Sumatra. Pulau Aceh ditempuh dua jam pelayaran dari Banda Aceh.

Menurut Azwani, jika pariwisata Pulau Aceh dikembangkan, bukan tidak mungkin bisa bersanding dengan destinasi pariwisata yang selama ini menjadi primadona di Aceh, yakni Pulau Weh, Sabang.

"Pulau Aceh dan Pulau Weh saling bersisian. Jika pariwisata Pulo Aceh dikembangkan, bisa menjadi destinasi alternatif. Arti, Pulau Aceh bisa menjadi pilihan lain bagi pelancong ke Aceh," kata Azwani.

Azwani mengatakan ASPPI Aceh terus berupaya memperkenalkan potensi Pulau Aceh kepada pelaku pariwisata agar nantinya mereka menjual keindahan pulau terluar tersebut.

Di antara upaya yang dilakukan, sebut Azwani Awi, mengajak para pelaku pariwisata berkunjung ke Pulau Nasi. Dalam tersebut nanti, para pelaku pariwisata bisa melihat langsung kondisi sebenar.

"Kunjungan tersebut kami gelar pada 21-23 Agustus mendatang. Kegiatan bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan Pariwisata Aceh juga melihat penggiat media sosial yang diharapkan bisa mempromosikan pariwisata Pulo Aceh," kata Azwani Awi.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020