Universitas Muhammadiyah (UM) Palangkaraya terus berusaha membangun kapasitas kelembagaan sebagai komitmen jaminan terhadap kualitas penyelenggaraan pendidikan tinggi sehingga menghasilkan lulusan yang memenuhi kompetensi yang dibutuhkan di Kalimantan terutama Kalimantan Tengah.

“Saya tidak akan berhenti untuk terus membangun kapasitas kelembagaan UM Palangkaraya sebagai dedikasi bagi kemajuan wilayah dan daerah, meski berbagai capaian telah terwujud seperti sejumlah prodi terakreaditasi A,” ucap Rektor UM Palangkaraya Dr H Sonedi, MPd kepada wartawan di Palangka Raya, Jumat.

UM Palangka Raya tercatat sebagai perguruan tinggi swasta pertama di wilayah Kalimantan yang mendapatkan penilaian dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan hasil Terakreditasi A untuk Prodi S1 Administrasi Negara dan Prodi S2 Magister Administrasi Publik, kedua prodi masuk pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol).

Menanggapi raihan itu, Rektor UM Palangkaraya Sonedi menggarisbawahi tiga hal yaitu pertama, Akreditasi A (Unggul) merupakan prestasi kolektif yang ada banyak komponen dan orang yang terlibat.

Tidak hanya aktor yang sekarang memegang amanah, tapi juga masa lampau. Karenanya kontribusi semua aktor dan komponen tersebut perlu diapresiasi, ujarnya.

Kedua, akreditasi ini juga sekaligus bukti pengakuan pihak luar atas kualitas pendidikan di UM Palangkaraya . Apresiasi ini dipandang sebagai amanah, kepercayaan yang harus dijaga dan dipertahankan. Ketiga, akreditasi A (unggul) ini juga salah satu kebijakan kampus merdeka saat ini yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Lebil lanjut Rektor mengungkapkan bahwa sampai saat ini UM Palangkaraya sudah memiliki dua program studi yang sudah terakreditasi A (unggul) semuanya ada di Fakuktas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Di samping itu secara bersamaan asesmen lapangan juga dilakukan pada prodi pendidikan teknologi informasi yang pertama kali melakukan akreditasi berhasil meraih akreditasi B (sangat baik).

“Ini capaian sebagai persembahkan untuk dedikasi pendidikan di Kalimantan, secara khusus di Kalimantan Tengah. Berdasarkan data di LLDikti wilayah XI Kalimantan hanya prodi di UM Palangkaraya yang akreditasinya A,” ucap Sonedi putra asli Kalteng kelahiran Tanjung Jariangau, Kabupaten Kotawaringin Timur 51 tahun lalu itu.
 
Foto hasil Akreditasi Prodi MAP UM Palangkaraya (ANTARA/HO/Dokumentasi Pribadi)


Dia mengatakan secara bersamaan UM Palangkaraya juga telah dilakukan Audit ISO 9001:2015 yaitu tentang Sistem Manajemen Mutu pada Rektorat, Biro Umum, Sistem Penjaminan Mutu, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Prodi Teknik sipil dan Prodi DIII Farmasi.

"Kami bersyukur berdasarkan kesimpulan akhir dari auditor bahwa UM Palangkaraya direkomendasikan untuk memperoleh Sertifikat ISO 9001:2015," katanya.

Lebih Lanjut Sonedi mengatakan hal lain yang membanggakan kita semua berdasarkan hasil klasterisasi Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta seluruh Indonesia yang dirilis 17 Agustus 2020.

UM Palangkaraya Mengungguli seluruh perguruan tinggi baik Negeri maupun Swasta di Kalimantan Tengah yaitu ada pada peringkat Pertama. Begitu juga untuk tingkat Universitas Perguruan Tinggi Swasta di Kalimantan UM Palangkaraya menempati urutan pertama juga.

"Keberhasilan ini tidak lepas dari kerja keras seluruh sivitas UM Palangkaraya, karena memiliki tujuan yang sama untuk meningkatkan kualitas atau mutu pelayanan dan selalu berusaha untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan secara bertahap. Keberhasilan ini Kami Persembakan untuk masyarakat Kalimantan Tengah. Mau kuliah ya di UM Palangkaraya 'Unggul dan Berkarakter' sudah terbukti," kata Sonedi.

Dr Sonedi yang juga alumni S1 UM Palangkaraya itu merupakan Rektor ke-6 sejak kampus itu berdiri tahun 1987. Lulus S2 di Universitas Negeri Yogyakarta dan lulus Doktor Bidang Ilmu Pendidikan dari Universitas Negeri Malang.

Sonedi memiliki banyak pengalaman di berbagai daerah di Indonesia sebagai tenaga pengajar dan pendampingan program, serta aktivitas di sejumlah negara Asia dan Eropa.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) wilayah XI Kalimantan Prof Udiansyah mengatakan bahwa dengan Akreditasi A (unggul) S2 prodi Administrasi Publik merupakan salah satu bukti bahwa PTS di Kalimantan mampu meningkatkan mutu dan menjadi PTS unggul, mensejajarkan diri dengan PTS di daerah lainnya telah maju.

Hal tersebut tambah dia, telah di buktikan oleh UM Palangkaraya yang berhasil mendapatkan akreditasi A untuk kedu kalinya.

"Ayo kita maju bersama untuk menyediakan pendidikan yang bermutu bagi masyarakat. Kita pasti bisa," kata Udiansyah.

Udiansyah juga menyampaikan rasa syukur dan bangga atas capaian tersebut. Ia mengucapkan selamat untuk civitas akademika UM Palangkaraya yang telah meraih Akreditasi A untuk prodi S2 Administrasi Publik. 
 

Pewarta: Rendhik Andika

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020