Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman mengapresiasi kepada Kecamatan Kuta Alam yang telah menuntaskan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa gelombang ke-II.

"Kita sangat mengapresiasi, camat dan jajarannya mampu membangun koordinasi dengan pihak gampong (desa), sehingga BLT gelombang ke-II sebesar Rp300 ribu dapat disalurkan tepat waktu," kata Aminulah di Banda Aceh, Selasa.

Ia menyebut, pihak Kecamatan Kuta Alam telah menuntaskan penyaluran BLT gelombang ke-II di tahap pertama sesuai dengan target ditetapkan, yakni bulan Agustus 2020.

Lanjutnya, perubahan BLT Dana Desa dilaksanakan berdasarkan Permendes No.7/2020 kemudian ditindaklanjuti Peraturan Wali Kota No.36/2020 Pasal 8D menyebut, setiap warga yang terdampak COVID-19 sesuai data disepakati pihak gampong akan mendapatkan BLT gelombang ke-II sebesar Rp300 ribu selama tiga bulan, yaitu Agustus, September, dan Oktober.

Menurut wali kota, langkah cepat ini memberikan kemudahan bagi warga kota, karena sedang mengalami kesulitan ekonomi di tengah pandemi COVID-19 yang belum berakhir.

"Harapannya, dengan tersalurkannya BLT ini membeikan kemudahan bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pokok," terang Aminullah.

Wali kota juga berharap BLT gelombang ke-II tersebut juga dapat dituntaskan penyalurannya di kecamatan-kecamatan lainnya di Kota Banda Aceh.

Camat Kuta Alam, Reza Kamilin, mengatakan, BLT gelombang ke-II  ini telah disalurkan tepat waktu sesuai arahan Wali Kota Aminullah Usman.

Ia menjelaskan, BLT tersebut telah disalurkan untuk 840 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di seluruh gampong di Kecamatan Kuta Alam.

Seperti diketahui, ada sebanyak 11 gampong di Kecamatan Kuta Alam menuntaskan penyaluran BLT gelombang ke-II ini.

"Setiap KPM mendapat bantuan Rp300 ribu. Total dana yang disalurkan untuk BLT Gelombang II tahap I di bulan Agustus ini mencapai Rp252 juta," ucapnya.
 

Pewarta: Muhammad Said

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020