Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman menyampaikan apresiasinya kepada Kecamatan Baiturrahman yang telah menuntaskan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa gelombang ke II tahap kedua di pertengahan September tahun ini.

"Tentunya ini langkah cepat, ini 'the best'. Selaku wali kota saya sangat mengapresiasi, dimana camat dan jajarannya bergerak cepat membangun komunikasi dengan pihak gampong. Sehingga BLT sebesar Rp300 ribu per kepala keluarga dapat disalurkan tepat waktu, dan bahkan lebih cepat dari bulan-bulan sebelumnya," kata Aminullah di pendopo wali kota Banda Aceh, Kamis.

Wali kota menulai, penyaluran BLT gelombang II tahap kedua tersebut lebih cepat dari yang ditargetkan, yakni pertengahan bulan September tahun ini. Sementara untuk tahap pertama sudah disalurkan pada bulan Agustus lalu.

Ia melanjutkan, langkah cepat dari Kecamatan Baiturrahman telah memberikan kemudahan bagi masyarakat, karena mereka sedang mengalami kesulitan perekonomian di tengah pandemi COVID-19 yang belum berakhir.

Seperti diketahui, penyaluran BLT Dana Desa ini dilaksanakan berdasarkan Permendes Nomor 7 tahun 2020, yang ditindaklanjuti Peraturan Wali Kota Banda Aceh Nomor 36 Tahun 2020 Pasal 8D menerangkan, setiap warga terdampak COVID-19 sesuai data yang telah disepakati pihak gampong (desa) mendapatkan BLT gelombang II sebesar Rp300 ribu selama tiga bulan (Agustus, September dan Oktober).

"Kita harap dengan selesainya penyaluran BLT ini, masyarakat mendapatkan kemudahan untuk memenuhi kebutuhan pokok," tutur Aminullah.

Wali kota juga berharap BLT gelombang II untuk jatah bulan September tersebut dapat dituntaskan penyalurannya di kecamatan-kecamatan lainnya di Banda Aceh.

Camat Baiturrahman, Muhammad Rizal, mengaku, 10 gampong di wilayah kecamatan setempat menyalurkan BLT Dana Desa jatah September dilakukan pada 14 hingga 17 September lewat dua cara, yakni Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) Mahirah Muamalah, dan mengantar langsung kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

"Sesuai arahan pak wali yang menginginkan BLT ini disalurkan tepat waktu, maka kita terus bekerja keras bersama para keuchik (kepala desa) dan aparatur gampong. Alhamdulillah, bisa kita salurkan lebih cepat," katanya.

Ia mengungkapkan, BLT Dana Desa yang telah disalurkan tersebut diperuntukkan bagi 1.052 KPM tersebar di seluruh gampong.

"Setiap KPM mendapatkan bantuan Rp300 ribu. Total dana yang disalurkan untuk BLT Gelombang II tahap kedua di bulan September ini mencapai Rp315.600.000," terang M Rizal.
 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020