Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Kodam IM) menggelar donor darah dalam rangka menyambut perayaan HUT Ke-75 TNI dan berupaya mengumpulkan 2.000 kantong darah dalam kegiatan sosial tersebut.

Panglima Kodam IM Mayjen TNI Hassanudin di Banda Aceh, Selasa, mengatakan donor darah berlangsung 22 dan 23 September 2020 di Makodam IM di Banda Aceh.

"Selain di Makodam, donor darah juga digelar di Makorem 011/Lilawangsa di Lhokseumawe dan Makorem 012/Teuku Umar di Meulaboh, Aceh Barat," kata Pangdam.

Mayjen TNI Hassanudin menyebutkan kegiatan kemanusiaan tersebut bertujuan memenuhi ketersediaan darah cadangan di Aceh. Apalagi Palang Merah Indonesia (PMI) melaporkan stok darah di Aceh mulai menipis.

"Berangkat dari kebutuhan darah tersebut, maka kami berupaya mengumpulkan 2.000 pendonor, yang terdiri dari TNI AD, TNI AL, TNI AU, Polri, dan masyarakat," ujar Mayjen TNI Hassanudin.

Pangdam mengatakan pelaksanaan donor darah tersebut menerapkan protokol kesehatan secara ketat, di antaranya mengatur antrean administrasi, mencuci tangan, pengecekan suhu tubuh dan menjaga jarak.

“Semua rangkaian kegiatan peringatan HUT Ke-75 TNI ini memedomani pelaksanaan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 secara disiplin," tegas Mayjen TNI Hassanudin yang ikut mendonorkan darahnya.

Kolonel Inf Robby Suryadi, ketua penyelenggara kegiatan, mengatakan target 2.000 kantong darah terdiri 1.000 kantong dari Kodam IM serta masing-masing Korem sebanyak 500 kantong.

"Karena kegiatan donor darah ini menerapkan protokol kesehatan ketat, maka setiap pendonor sudah ada jadwalnya. Penerapan protokol kesehatan di antaranya menjaga jarak, memakai masker, dan lainnya," kata Kolonel Inf Robby yang juga menjabat Aster Kasdam IM.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020