Bupati Aceh Barat, Ramli MS menyebutkan kehadiran kapal Aceh Hebat 1 yang sudah diluncurkan dan dibeli oleh Pemerintah Aceh, diharapkan mampu menghidupkan ekonomi masyarakat antar kepulauan termasuk di wilayah pantai barat selatan Aceh.

“Kehadiran kapal Aceh Hebat 1 ini sangat berdampak positif terhadap peningkatan ekonomi masyarakat di Aceh, termasuk di wilayah pulau terluar,” kata Bupati Aceh Barat, Ramli MS di Meulaboh, Rabu.

Seperti diketahui, Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah meluncurkan kapal roro (roll on roll off) 1.300 GT yang diberi nama KMP Aceh Hebat I di di Galangan PT Multi Ocean Shipyard di Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau, Sabtu (3/10) pekan lalu.

Nantinya, kapal tersebut akan melayani pelayaran dari Meulaboh, Aceh Barat, Labuhan Haji Kabupaten Aceh Selatan serta ke Pulau Simeulue, Kabupaten Simeulue, Aceh.

Ramli MS juga menuturkan, kehadiran Kapal Motor Penumpang (KMP) Aceh Hebat 1 yang dibeli oleh Pemerintah Provinsi Aceh, merupakan sebuah keberhasilan Pemerintah Aceh, untuk peningkatan ekonomi masyarakat.

Selain itu, adanya operasional kapal tersebut pada akhir November 2020 mendatang, diharapkan dapat semakin mempermudah akses transportasi laut bagi masyarakat di daerah pulau terluar di Aceh, dengan daratan pantai barat selatanm Aceh.

“Program Aceh Hebat ini sangat berdampak positif untuk masyarakat barat selatan Aceh, termasuk dalam mendorong peningkatan sektor pariwisata di Aceh,” kata Ramli MS.

Sebabai Bupati Aceh Barat, Ramli MS juga bersyukur kepada Allah SWT berterimakasih kepada Pemerintah Aceh, karena kehadiran kapal tersebut sangat menggembirakan masyarakat dan menjadi sejarah baru dalam kemajuan akses transportasi laut di Aceh, katanya menuturkan. 

Sementara itu, Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah saat meresmikan KMP Aceh Hebat 1 di Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau, pada Satu (3/5) pekan lalu mengatakan kapal tersebut merupakan pertama yang dibangun sendiri dengan uang masyarakat Aceh, dengan ukurannya relatif besar dengan desain yang up-to-date.

Ia mengatakan KMP Aceh Hebat 1 akan melayari rute Meulaboh - Labuhan Haji - Simeulue.

Aceh Hebat 1 merupakan salah satu dari tiga kapal roro yang dipesan pemerintah Aceh untuk meningkatkan konektivitas antar pulau. 

Sementara Kapal Aceh Hebat 2 akan melayari Balohan Sabang – Pelabuhan Ulee Lheu dan Kapal Aceh Hebat 3 yang akan melayani rute Singkil – Pulau Banyak.

Aceh hebat 1 yang berkapasitas 1.300 GT dikerjakan oleh PT Multi Ocean Shipyard. Sedangkan Aceh Hebat 2 yang memiliki bobot 1.100 GT dikerjakan oleh PT Adiluhung Saranasegara di Bangkalan Madura dan akan melayani pelayaran dari Balohan Sabang - Ulee Lheue Banda Aceh.

Terakhir, Aceh Hebat 3 yang berbobot 600 GT dikerjakan oleh PT Citra Bahari Shipyard di Tegal, akan melayani rute Singkil - Pulau Banyak.

KMP Aceh Hebat merupakan hasil dari program pengadaan kapal ferry roro di bawah Dinas Perhubungan Aceh dengan anggaran Rp178 milliar.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020