Aktivis perempuan Aceh Destika Gilang Lestari berharap seorang ibu harus mampu menyadarkan keluarga untuk menerapkan protokol kesehatan (prokes) COVID-19. 

"Peran seorang ibu sangat penting dalam sebuah keluarga untuk menekan penyebaran COVID-19 dengan menerapkan protokol kesehatan," kata Destika Gilang Lestari di Banda Aceh, Selasa. 

Baca juga: DJP Aceh Kumpulkan 92 Kantong darah di Banda Aceh

Gilang menyampaikan dalam sebuah keluarga ibu menjadi seseorang yang dapat selalu menyadarkan dan mengingatkan seluruh anggota keluarga tentang protokol kesehatan, mengajak mereka rajin mencuci tangan, mencuci pakaian ketika pulang ke rumah, memakai masker saat beraktivitas di luar, serta ingin menjaga jarak fisik di area publik.

"Klaster keluarga menjadi titik yang benar-benar harus diperhatikan dalam menekan penyebaran virus mematikan tersebut, minimal di lingkungan keluarga sendiri, disini peran ibu sangat besar," ujarnya. 

Baca juga: Wali kota: optimalkan alokasi dana gampong demi kemajuan desa

Selain itu, Aktivis Solidaritas Pembela Keterwakilan Perempuan (SPKP) ini juga menuturkan, ibu memiliki penting dalam menyediakan kebutuhan dasar bagi keluarga agar selalu sehat serta imun tubuh tetap terjaga.

Gilang mencontohkan, peran ibu yang harus dilakukan kepada keluarganya minimal rutin menyediakan makanan yang benar-benar sehat, vitamin yang cukup sehingga menguatkan imun tubuh. 

Baca juga: Lima oknum PNS Aceh Timur terjaring razia masker, begini sangsinya

Kemudian, lanjut Gilang, kebutuhan lain yang harus selalu diperhatikan seorang ibu yaitu menjaga kebersihan tangan dan tubuh seperti ketersediaan sabun, rutin mencuci serta mengganti masker, serta menyiapkan hand sanitizer. 

"Ibu juga harus sering mengingatkan pentingnya berjemur. Bahkan, Ibu cukup beperan sebagai manager di dalam rumah untuk selalu mengecek kondisi kesehatan setiap anggota keluarga, jika ada kendala segera diperiksa ke rumah sakit," ujar Gilang yang juga anggota Koalisi Perempuan Indonesia (KPI) Aceh ini. 
 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020