Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman mengajak masyarakat membudi daya pertanian dengan konsep hidroponik (menanam dengan memanfaatkan air) selama pandemi COVID-19. 

"Konsep hidroponik ini memang cocok di daerah perkotaan dan sangat dibutuhkan saat kondisi ancaman krisis pangan seperti sekarang ini," kata Aminullah Usman di Banda Aceh, Kamis. 

Baca juga: Angkut sepeda motor curian ke Aceh Tenggara, supir L300 ditangkap

Aminullah mengatakan, teknik hidroponik ini menarik dan bermanfaat, selain tidak membutuhkan lahan yang luas, cara penanamannya bisa menjadi sumber pangan keluarga dan dapat menghasilkan sendiri sumber pangannya, sehingga sangat membantu warga saat masa sulit ini. 

Kata Aminullah, selain bernilai ekonomis, konsep ini juga lebih aman bagi kesehatan karena asupan gizi dari sayur dijamin organik, serta mampu meningkatkan daya tahan tubuh, bahkan terhindar dari virus corona.

Baca juga: Baveti Aceh inginkan sering gelar event tenis di "Serambi Mekkah"

"Metode penanaman hidroponik ini menjadi salah satu pilihan jitu untuk meningkatkan perekonomian, dan juga tanaman dengan sistem hidroponik ini lebih higenis dan baik untuk kesehatan tubuh," ujarnya. 

Sementara itu, salah seorang pemilik resto kebun hidroponik di Banda Aceh, Elfian mengatakan, mereka belum lama menemukan konsep tersebut, setelah dicoba ternyata lebih menghemat biaya. 

Baca juga: Aminullah: MPP Tak layani warga yang abaikan prokes COVID-19

"Konsep hidroponik itu kami temukan belakangan ini, karena kami juga ingin sedikit menekan biaya akan pemenuhan bahan. Dengan hidroponik, setidaknya kami dapat memangkas biaya untuk membeli bahan makanan," ujar Elfian. 
 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020