Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya kembali akan memberlakukan sekolah secara tatap muka pada senin, (26/10/2020) mendatang.

Belajar tatap muka di Aceh Jaya sempat berjalan selama beberapa bulan sejak 13 juli 2020 lalu dan di tunda kembali pada september karena masuk zona merah. Setelah adanya keputusan dari tim gugus tugas Aceh Jaya keluar dari zona merah menjadi orange pemkab Aceh Jaya kembali akan membuka sekolah tatap muka.

Abdul Jabar Kepala Dinas pendidikan Kabupaten Aceh Jaya saat di hubungi Antara membenarkan kalau sekolah tatap muka di Aceh Jaya akan di buka kembali pada senin (26/10/2020) mendatang.

"Hasil rapat Bupati dengan Forkopimda sekolah akan dibuka pada senin ini, dan kita sedang menunggu instruksi dari Bupati," kata Abdul Jabar, Jum,at.

Sementara itu Bupati Aceh Jaya T.Irfan Tb menuturkan kalau hasil rapat pihaknya bersama para forkopimda pada kamis, (22/10) kemarin mengambil beberapa kesimpulan yaitu Proses Belajar Mengajar (PBM) tatap muka dengan menerapkan Protokol Kesehatan secara ketat di Satuan Pendidikan dalam Kabupaten Aceh Jaya mulai jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK dan SLB.

"Proses PBM tatap muka ini dapat dilaksanakan oleh Satuan Pendidikan setelah mendapat persetujuan dan rekomendasi dari orang tua/wali siswa," kata Bupati T.irfan Tb.

Ia juga menambahkan kalau Proses PBM tatap muka wajib mengikuti Standar Operasional Prosedur (SOP) secara ketat yang diterbitkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Jaya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Jaya, dan Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Aceh Jaya.

"Apabila Satuan Pendidikan tidak mengikuti SOP yang telah ditetapkan maka proses PBM tatap muka pada Satuan Pendidikan tersebut harus dihentikan sementara,"kata T.Irfan Tb.

Ia juga menuturkan kalau proses monitoring pelaksanaan PBM nantinya akan  dilaksanakan oleh pengawas masing-masing Satuan Pendidikan dan melaporkan hasilnya secara berkala setiap minggu kepada penanggungjawab teknis bidang pendidikan.

"Kita berharap kepada para guru dan murid nantinya untuk dapat menerapkan protokol kesehatan dengan baik, baik itu mwncuci tangan, memakai masker dan menjaga pola hidup sehat," harap Bupati Aceh Jaya.

 

Pewarta: Arif Hidayat

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020