Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar mendorong para pengrajin produk Kerawang Gayo di daerah itu untuk tetap berkarya di masa pandemi COVID-19 saat ini.

Shabela mengatakan Pemkab setempat akan selalu memberikan dukungan kepada para pengrajin untuk dapat terus berinovasi dan berkarya menciptakan produk-produk unggulan Kerawang Gayo.

"Kami selaku pemerintah akan selalu membantu dan mendukung pengrajin," kata Shabela Abubakar pada Launching Produk Unggulan Kerawang Gayo sekaligus Rakerda Dekranasda se Aceh di Gedung Olah Seni (GOS) Takengon, Senin.

Shabela juga meminta semua pihak, baik jajaran pemerintah, swasta, dan BUMN di daerah itu untuk juga memberikan dukungan terhadap para pengrajin dengan selalu menggunakan produk-produk Kerawang Gayo pada setiap kegiatan di instansi masing-masing.

"Pada setiap acara Bimtek, pelatihan, seminar, dan lain-lain, gunakan perlengkapan dari produk pengrajin kita. Berupa tas Kerawang Gayo ataupun atribut-atribut pelatihan yang dikombinasikan dengan Kerawang Gayo," harap Shabela.

Menurutnya dengan begitu potensi untuk dapat mendongkrak perekonomian masyarakat di sektor industri kecil dan menengah akan mudah terwujud, sehingga akan sangat membantu para pengrajin di masa sulit saat ini, akibat dampak pandemi COVID-19.

"Kami pun turut berupaya dengan mewajibkan penggunaan motif Kerawang Gayo di setiap hari Kamis di instansi pemerintah. Dan pada upacara resmi kedaerahan lainnya," tuturnya.

Sementara terkait kegiatan peluncuran produk kerajinan unggulan tersebut yang digelar oleh Disperindagkop bersama Dekranasda setempat, Bupati ini juga menaruh harapan agar dapat menjadi wadah bagi para pengrajin Kerawang Gayo untuk terus berkembang.

Shabela juga meminta kepada pengurus Dekranasda dan dinas terkait agar terus berperan aktif dalam memberikan pembinaan kepada para pengrajin, untuk dapat menghasilkan produk kerajinan berkualitas dan bernilai ekonomis tinggi.

"Sehingga dapat menciptakan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru di Aceh Tengah," ucap Shabela Abubakar.

 

Pewarta: Kurnia Muhadi

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020