Kapal  Shandong Kuai Le V209 berbendera Hong Kong mengangkut tiang betong dengan berat 7.321 ton tiang pancang milik PLTU Nagan Raya kembali bersandar di pelabuhan Calang Kabupaten Aceh Jaya, Senin (2/11).

Pejabat Pembuat Komitmen Pelabuhan Calang, Azwana Amru Harahap di Calang, Selasam menjelaskan kapal tersebut berangkat dari pelabuhan Fhunzhou China dan masuk perairan Aceh Jaya sejak tanggal 20 Oktober 2020 dan baru bersandar di pelabuhan pada Senin kemarin.

“Sebelum bersandar kemarin mereka harus menunggu bongkar muat kapal Spring Salim yang juga mengangkut alat berat milik PLTU Nagan Raya,” kata Amru, selasa.

Ia menjelaskan  kru kapal tersebut berjumlah 20 orang,  dan tercatat enam orang belum direpit tes kesehatan.

“Berlaku Rapit Tes kan 14 hari yang 14 sebelumnya sudah di rapit dan tinggal dirapit 6 orang lagi, Alhamdulillah ke seluruhan mereka non reaktif,” kata Amru.

Ia menyampaikan kalau system bongkar muat tiang pancang tersebut dengan system truck losing bukan penumpukan di pelabuhan.

“Mereka tidak menummpukkan barang dipelabuhan, namun dibongkar langsung dimuat ke dalam truck untuk dibawa ke PLTU,” kata Amru.

Pewarta: Arif Hidayat

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020