Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar mengatakan tingkat kunjungan wisatawan ke daerah itu terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Untuk itu menurutnya harus direspon dengan adanya rencana pengembangan dan pengemasan paket wisata unggulan serta upaya peningkatan kapasitas SDM pengelola wisata secara terus menerus.

"Agar sesuai dengan harapan wisatawan yang datang berkunjung," kata Shabela Abubakar saat membuka Pelatihan Peningkatan Kualitas Tata Kelola Destinasi Pariwisata dan Kapasitas Pelaku Usaha Kepariwisataan di Aula Hotel Renggali Takengon, Selasa.

Shabela menyampaikan pengembangan sektor industri wisata di Aceh Tengah masih memerlukan berbagai pembenahan, termasuk pada peningkatan SDM di bidang pemasaran dan pemandu wisata.

Menurutnya peningkatan kapasitas SDM akan sangat menentukan terciptanya inovasi dan pengembangan sektor wisata unggulan ke depannya.

"Kunci keberhasilan kepariwisataan di daerah ini adalah peranan SDM pariwisata sebagai pemberi pelayanan, kenyamanan, dan kepuasan terhadap wisatawan. Oleh karena itu, koordinasi antar pelaku wisata harus dilakukan secara kooperatif, saling dukung, dan profesional," tutur Shabela.

Sementara Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Aceh Tengah Abd Majid Agus menyampaikan bahwa pada hari ini pihaknya menggelar Pelatihan Peningkatan Kualitas Tata Kelola Destinasi Pariwisata dan Kapasitas Pelaku Usaha Kepariwisataan.

Menurutnya pelatihan tersebut diikuti oleh 90 peserta dari kalangan pelaku usaha dan kelompok sadar wisata di daerah itu selama tiga hari mulai 3-5 November 2020 di Aula Hotel Renggali Takengon.

"Pelatihan ini diselenggarakan untuk peningkatan SDM dalam mendukung sektor pariwisata daerah," kata Abd Majid Agus.

 

Pewarta: Kurnia Muhadi

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020