Pemerintah Kabupaten Aceh Barat menerima bantuan dua unit perangkat untuk deteksi virus corona (COVID-19) jenis alat tes Polymerase Chain Reaction (PCR) portable dari hasil sumbangan sejumlah pengusaha dan masyarakat di Aceh Barat.

“Alhamdulillah, kami sangat berterima kasih dengan bantuan ini, semoga nantinya bermanfaat bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Aceh Barat,” kata Ramli MS di Meulaboh, Sabtu.

Menurutnya, bantuan yang sudah diterima pemerintah daerah tersebut berjumlah dua unit, terdiri dari satu unit hasil sumbangan dari masyarakat, serta satu unit alat tes PCR portabel yang berstatus pinjam pakai dari PT Inti Utama Global.

Dengan adanya alat tes PCR di Kabupaten Aceh Barat, Bupati Ramli MS berharap hal ini akan memudahkan dan mempercepat pemeriksaan pasien yang diduga terpapar virus corona (COVID-19) di daerah ini.

Berdasarkan informasi yang ia peroleh saat menerima bantuan, alat tes PCR tersebut nantinya akan mampu mendeteksi virus corona terhadap sampel pasien yang diperiksa menggunakan peralatan tersebut, katanya menegaskan.

Disisi lain, ia juga turut berterima kasih kepada semua pihak termasuk Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Aceh Barat, yang telah mendukung dan menginisiasi penggalangan dana untuk membeli alat PCR Swab tersebut.

"Terima kasih kepada para donatur, pak kapolres dan semua pihak yang telah membantu kebutuhan masyarakat,” kata Ramli MS menegaskan.

Sementara itu, Chairullah selaku koordinator penggalangan dana mengatakan dana yang terkumpul dari berbagai elemen masyarakat, pengusaha dan perusahaan untuk membeli peralatan tersebut berjumlah sebesar Rp971.350.000.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020