Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar mengunjungi tempat produksi minuman sehat rempah Gayo sebagai bentuk dukungan terhadap pertumbuhan sektor UMKM di masa pandemi COVID-19.

Shabela mengatakan sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) harus terus tumbuh untuk mempercepat pemulihan ekonomi masyarakat setelah terdampak pandemi.

"Tadi kami sudah coba minum rempah Gayo yang disajikan. Ini pertama kami melihat rasa, itu kita tidak kalah dengan jamu yang ada di luar," kata Shabela Abubakar dalam kunjungannya, Rabu.

"Kemudian warna (Rempah), dari warna saya kira tidak memakai pengawet. Dari warna dan dari rasanya. Kemudian tidak mengganggu lambung, kami rata-rata ada penyakit lambung, ini tidak mengganggu lambung," ujarnya menilai sekilas tentang produk minuman sehat rempah Gayo tersebut.

Bupati ini menyampaikan Pemkab Aceh Tengah akan terus mendukung dan mendorong pertumbuhan sektor usaha kecil menengah agar ekonomi masyarakat di masa pandemi COVID-19 terus membaik.

Menurutnya pemerintah juga telah menyalurkan bantuan untuk para pelaku UMKM yang terdampak pandemi.

"Ini yang terus kita bangkitkan, UMKM yang ada di Aceh Tengah ini. Seperti rempah Gayo ini, nantinya juga bisa jadi pilihan kuliner wisata di sini. Apabila sudah dipromosikan, di mana tempatnya, siapa yang mengolahnya, kemudian apakah sudah ada analisa kesehatannya, perizinannya, jadi orang gak ragu lagi mencoba," tutur Shabela.

Dalam hal ini Shabela juga mengajak masyarakat untuk terus menjaga kesehatan terutama di masa pendemi ini dengan mengurangi konsumsi makanan atau minuman yang mengandung kimia.

Menurutnya kuliner tradisional lebih menyehatkan, seperti halnya rempah Gayo bisa menjadi pilihan.

"Kurangi menkonsumsi yang ada mengandung kimia, mari kita kembali ke tradisional, karena itu lebih baik terhadap kesehatan kita," ujarnya.

"Kami mengharapkan rempah Gayo ini betul-betul dapat menyehatkan siapapun yang meminumnya," ucap Bupati ini.

Sementara pelaku usaha rempah Gayo Ayu Rz mengatakan usaha rumahannya itu memang muncul di masa pandemi ini, untuk mengisi kekosongan kegiatan dan untuk dapat membantu ekonomi keluarga.

Ibu dua anak ini menuturkan bahwa sebelum pandemi ia sendiri aktif di berbagai kelembagaan yang bergerak di bidang perempuan dan anak. Namun sejak pandemi ia tak lagi berkegiatan.

"Awalnya karena banyak kawan-kawan yang minta dibuatkan. Karena saya dan keluarga memang rutin mengkonsumsi rempah. Resepnya dari orangtua, mamak dulu jualan jamu dan pandai mengolah minuman rempah," tutur Ayu.

"Akhirnya kepikiran untuk dijual aja, kawan-kawan dan keluarga juga mendukung. Alhamdulillah sampai sekarang respon masyarakat antusias, setiap hari ada yang pesan dan saya antar. Tapi sekarang saya sudah buka gerai numpang di cafe kakak saya," ujarnya.

Menurutnya Bupati Shabela sangat antusias dalam mendukung para pelaku usaha kecil dan menengah seperti dirinya agar terus bangkit dan ikut berkontribusi dalam pemulihan ekonomi daerah di masa pandemi COVID-19.

"Kemarin kami ada acara konsolidasi perempuan penjaga hutan dan alam. Pak Bupati bilang sangat mendukung peran perempuan untuk berkarya, begitu saya cerita punya usaha rempah Gayo, beliau antusias dan hari ini langsung datang mencoba," kata Ayu.

 

Pewarta: Kurnia Muhadi

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020