Prajurit Kodim 0106 Aceh Tengah menggelar latihan posko dalam bidang penanggulangan kebencanaan, Kamis.

Dandim Aceh Tengah Letkol Inf Teddy Sofyan S Sos melalui Pabung Mayor Kav Reduan S mengatakan latihan tersebut salah satunya dimaksudkan untuk menguji kemampuan prajurit menjalankan koordinasi di tingkat Kodim dengan unsur BPBD, Polri, dan instansi terkait lainnya dalam membangun kerjasama penanggulangan kebencanaan.

"Prajurit berlatih untuk bisa melaksanakan operasi bantuan kepada pemerintah daerah di wilayahnya dalam rangka membantu penanggulangan bencana," kata Mayor Kav Reduan S di sela kegiatan latihan, Kamis.

"Karena difokuskan ke masalah bencana alam maka koordinasi ke instansi terkait adalah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Tengah," ujarnya.

Menurutnya para prajurit akan menjalankan latihan selama lima hari ke depan guna meningkatkan kemampuan dalam mengantisipasi berbagai dinamika permasalahan bencana alam di daerah.

Para prajurit nantinya diharap memiliki kepekaan untuk merespon setiap bencana alam yang terjadi hingga mampu menemukan solusi atau langkah tepat untuk melakukan penanggulangan dini.

"Untuk bisa mengatasi persoalan dan mampu memberdayakan semua peralatan dan fasillas yang dimiliki," tutur Reduan.

 

Pewarta: Kurnia Muhadi

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020