Meningkatkan pembangunan di pedalaman Kabupaten Aceh Barat, adalah cara Bupati Haji Ramli MS dalam mengembalikan rasa kepercayaan masyarakat Aceh khususnya Aceh Barat kepada pemerintah, sekaligus meningkatkan rasa cinta tanah air kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hal itu diungkapkan Bupati Aceh Barat Haji Ramli MS dalam siarang langsung Podcast ANTARA Biro Provinsi Aceh yang dipandu oleh Kepala Biro ANTARA Aceh Azhari S.Sos di pendapa bupati di Meulaboh, Kamis 26 November 2020.

“Membangun dari desa dan membuka akses jalan mencegah keterisoliran, adalah cara saya membalas jasa rakyat,” kata Ramli MS.

Dalam siaran langsung selama 30 menit tersebut, Ramli MS menceritakan ada dua landasan (dasar) dirinya membangun Kabupaten Aceh Barat sejak tiga tahun lalu memimpin daerah ini.

Pertama, kata dia, landasan pertama pembangunan Aceh Barat telah ia lakukan pertama kali pascakonflik Aceh dan pasca gempa dan gelombang tsunami di periode 2007-2012 lalu.

Menurutnya, mengapa selama ini ada konflik bersenjata di Aceh beberapa tahun silam karena selama ini masyarakat merasakan tidak adanya sentuhan pembangunan dari pemerintah.

Dengan tidak adanya infrastruktur pembangunan, maka masyarakat lebih mudah dipengaruhi orang untuk melakukan tindakan melawan pemerintah.

Nah belajar dari persoalan ini, ia berupaya melahirkan kepercayaan masyarakat dengan melakukan berbagai terobosoan pembangunan yang dimulai dari desa, untuk memajukan sektor ekonomi, perkebunan, pertanian dan aneka sektor lainnya.

Kedua, kata Ramli MS, pasca bencana gempa dan tsunami yang melanda Aceh pada 26 Desember 2004 silam, saat ini sebagian besar masyarkat Aceh Barat belum pulih dari keterpurukan ekonomi.

Sehingga pemerintah daerah berupaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat dengan cara memberikan bantuan modal usaha sebesar Rp15 juta per kepala keluarga (KK), dengan jatah sebanyak 10 KK per desa, dengan harapan masyarakat dapat menjalankan usaha dengan pinjaman modal tanpa bunga.

Menurut Ramli MS, dengan cara ini masyarakat akan lebih mudah menjalankan usaha ekonomi, karena tidak harus memikirkan bunga saat mengembalikan dana pinjaman.
 
Kepala Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA Provinsi Aceh Azhari S.Sos (kiri) memandu siaran langsung Podcast Kupi Beungoh bersama Bupati Aceh Barat Haji Ramli MS berlangsung di pendapa bupati setempat di Meulaboh, Kamis (26/11/2020). Kegiatan ini dalam rangka tiga tahun Pemerintahan Aceh Barat dibawah kepemimpinan Bupati Haji Ramli MS dan Wakil Bupati Haji Banta Puteh Syam. (ANTARA/Teuku Dedi Iskandar)


Tidak hanya itu, selama memimpin Aceh Barat hampir dua periode pemerintahan sejak 2007-2012 dan di periode kedua yakni 2017 hingga 2022 mendatang, Ramli MS mengaku telah membangun jalan lingkar (ring road) di Aceh Barat sepanjang 155 kilometer.

Jalan sepanjang 155 kilometer tersebut kini sudah mampu menghubungkan 12 kecamatan dengan 321 desa (gampong) yang tersebar di seluruh Kabupaten Aceh Barat.

“Saat ini hanya 13 kilometer saja dari total 155 kilometer yang belum diaspal, namun saat ini jalan tersebut sudah bisa digunakan oleh masyarakat untuk dilintasi,” kata Ramli MS menambahkan.

Menurutnya, membangun Aceh Barat seperti yang ia lakukan selama ini berdasarkan aspirasi atau pun masukan dari semua elemen sipil di daerah ini, sesuai dengan kebutuhan masyarakat banyak.

Meski kala itu ada pihak yang tidak setuju dengan pembangunan jalan lingkar dan sempat memprotes rencananya tersebut. Namun setelah dibangun, justru pengkritik tersebut berterima kasih kepada dirinya karena berhasil membuka keterisoliran.

Begitu jalan lingkar dibangun dan jalan desa ikut dibuka, maka masyarakat di Aceh Barat saat ini lebih giat bertani, berkebun dan telah merasa diperhatikan oleh pemerintah daerah.

“Nah ini cara saya bagaimana mengembalikan lagi rasa kepercayaan masyarakat Aceh Barat kepada pemerintah dan cinta NKRI, dengan membangun jalan di pedalaman, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” kata Ramli MS. (Bersambung)

Berita selengkapnya juga dapat diakses melalui Podcast ANTARA Biro Aceh melalui link berikut ini: 
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020