Pihak perbankan di Aceh khususnya Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Bank Indonesia Provinsi Aceh menyatakan siap mendukung rencana investasi Uni Emirat Arab di Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil.

“Saat ini kondisi jaringan perbankan di Aceh Singkil masih relatif terbatas. OJK siap mendukung penuh terhadap peningkatan akses dan konektivitas infrastruktur perbankan di Aceh Singkil dalam upaya mendukung pengembangan ekonomi dan kemajuan daerah,” kata Kepala OJK Aceh, Yusri di Banda Aceh, Selasa.

Pernyataan itu disampaikannya dalam kegiatan FGD bertajuk Dukungan Perbankan Terhadap Rencana Investasi Uni Emirat Arab di Pulau Banyak, Kab. Aceh Singkil yang diinisiasi Bank Indonesia Provinsi Aceh di Hotel Kyriad Muraya, Aceh, Banda Aceh.

Ia menjelaskan BI bersama OJK akan mendukung proses perizinan serta hal lainnya yang dibutuhkan dalam kegiatan pembukaan kantor bank di Pulau Banyak, sesuai dengan kewenangan yang dimiliki.

“Ini dilakukan agar rencana tersebut dapat dilaksanakan dengan cepat dan tetap memperhatikan prinsip governance,” katanya.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Aceh, Achris Sarwani  mengatakan bahwa Bank Indonesia mendukung penuh perkembangan ekonomi Aceh Singkil guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

“Investasi dipercaya dapat menjadi sumber pertumbuhan ekonomi Aceh Singkil, terutama menjelang era berakhirnya dana otsus  Aceh,” katanya.

Ia mengatakan sebagai daerah yang memiliki potensi sumber daya alam khususnya di sektor pertanian/perikanan dan pariwisata, secara umum kinerja perekonomian Aceh Singkil masih tumbuh di bawah pertumbuhan ekonomi nasional, karena itu untuk mendorong pertumbuhan tersebut, diperlukan berbagai macam program pembangunan yang memerlukan anggaran dan biaya yang besar, dan tentunya tidak akan cukup jika hanya mengandalkan sumber pendanaan dari anggaran pemerintah.

Dalam kesempatan tersebut pimpinan perbankan di Aceh yang hadir dalam kegaitan tersebut juga menyatakan sangat mendukung terhadap kebutuhan jaringan kantor bank di Pulau Banyak dan mereka akan mensurvey dan analisa kelayakan rencana pembukaan kantor Bank di Pulau Banyak.

Bupati Kab. Aceh Singkil, Dulmusrid  mengatakan bahwa saat ini terdapat rencana investasi dari Uni Emirat Arab dalam jumlah yang cukup besar yang akan membawa dampak positif terhadap kemajuan masyarakat dan perlu dukungan dari kalangan perbankan.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020