Komandan Kodim (Dandim) 0103/Aceh Utara Letkol Arm Oke Kistiyanto menekankan kepada prajurit TNI untuk dapat memahami dan menguasai prosedur tetap pengamanan VVIP dan memegang teguh disiplin dengan memahami rantai komando secara efektif dan efisien.

Hal tersebut disampaikannya saat memimpin apel pasukan pengamanan VVIP dan penegakan protokol kesehatan yang berlangsung di Lapangan Hiraq Kota Lhokseumawe, Rabu (2/12) sore.

"Apel pasukan ini bertujuan untuk mengecek kesiapan pelatihan kepada prajurit TNI dalam memberikan pengamanan VVIP,"kata Letkol Arm Oke Kistiyanto.

Ia menambahkan, dalam pelaksanaan pengamanan VVIP, pihaknya memberikan materi kepada peserta apel untuk menguasai rute-rute yang akan dilalui dan objek-objek yang akan dikunjungi, guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Pengamanan VVIP sudah menjadi salah satu tugas TNI dan dibantu oleh Polri serta pemerintah daerah, dalam hal ini adalah Satpol PP, maka hari ini kita lakukan apel latihan pengamanan VVIP untuk dapat diimplementasikan di kemudian hari,"katanya.

Selain pengamanan VVIP, kata Letkol Arm Oke Kistiyanto, apel tersebut juga menekankan operasi yustisi dalam penegakan protokol kesehatan COVID-19.

"Dalam operasi yustisi penegakan protokol, unsur TNI-Polri bertugas memback-up tugas Satpol PP,"katanya.

Dikatakannya, mengingat saat ini masih dalam masa pandemi COVID-19, maka sudah menjadi tugas bersama dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Aceh khususnya wilayah satuan Kodim 0103/Aceh Utara.

"Kita berharap dengan pelaksanaan operasi yustisi gabungan ini, maka tingkat kesadaran masyarakat terhadap penerapan protokol kesehatan semakin tinggi, sehingga rantai penyebaran COVID-19 di wilayah satuan Kodim 0103/Aceh Utara dapat dihentikan,"katanya.

 

Pewarta: Dedy Syahputra

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020