Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Provinsi Aceh menyatakan warga yang sembuh dari infeksi virus corona terus bertambah setiap harinya, sehingga totalnya telah mencapai 6.956 orang.

"Hari ini penderita COVID-19 sembuh di Aceh bertambah tiga orang lagi yakni warga asal Kabupaten Aceh Timur," kata Juru Bicara COVID-19 Aceh Saifullah Abdulgani di Banda Aceh, Kamis.

Dia melanjutkan selain penambahan warga Aceh sembuh, juga terdapat 44 orang konfirmasi kasus positif baru meliputi warga Kota Langsa sembilan orang, warga Aceh Tamiang delapan orang, warga Aceh Tengah dan Lhokseumawe empat orang.

Selanjutnya, masing-masing tiga orang warga Banda Aceh, Bener Meriah dan Pidie Jaya. Warga Aceh Timur, Aceh Besar, Aceh Jaya dan warga luar daerah Aceh yang sama-sama dua orang, serta satu orang warga di Aceh Tenggara dan Pidie.

"Hari ini korban COVID-19 yang meninggal dunia dilaporkan bertambah satu orang, yakni warga Kabupaten Aceh Utara," kata Jubir yang akrab disapa SAG itu.

Secara akumulatif kasus COVID-19 di Tanah Rencong telah mencapai 8.355 orang, di antaranya 6.956 orang telah dinyatakan sembuh, 320 orang meninggal dunia dan 1.079 orang masih dirawat di rumah sakit atau isolasi mandiri.

SAG menambahkan saat ini Aceh masih dalam status zona oranye atau resiko sedang penyebaran COVID-19. Ia meminta Satgas COVID-19 kabupaten/kota untuk meningkatkan pelacakan (tracing), pemeriksaan (testing) dan pengobatan (treatment) atau disebutkan 3T.

"Setiap lapisan masyarakat tetaplah disiplin dan konsisten menjalankan 3M yakni menjaga jarak dan menghindari kerumunan, memakai masker, dan mencuci tangan sesering mungkin di bawah air yang mengalir," katanya.

Pewarta: Khalis Surry

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020